Pratikno Kunjungi KSAD Andika Perkasa, Bahas Kenegaraan hingga Gym

Menteri Pratikno menemui KSAD Andika Perkasa menjelang akhir masa kepemimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada awal November mendatang.
Image title
11 Oktober 2021, 16:54
andika perkasa, pratikno, panglima tni
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa berjalan meninggalkan ruangan usai mengikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) setingkat menteri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menemui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa di Markas Besar TNI AD. Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini mengatakan, keduanya membahas isu kenegaraan.

Dokumentasi pertemuan tersebut ditayangkan dalam youtube resmi TNI AD pada Senin (11/10). "Ada pembicaraan kenegaraan, terutama terkait pemulihan pandemi," kata Faldo, Senin (11/10).

Selain itu, Pratikno berkunjung untuk melihat ikan arwana di Taman Baru Mabes AD.  Tak hanya itu, ia juga sempat mencoba alat gym di lokasi tersebut. "Pak Menteri Pratikno kan punya tagline 'I'm sixty, I'm sixpack'. Kalah kami yang jauh lebih muda ini," ujar Faldo.

Faldo mengatakan, keduanya dapat menjadi teladan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama pandemi. Meski begitu, dia tidak menjelaskan apakah ada pembicaraan terkait pergantian Panglima TNI.

Dalam video Youtube TNI AD, Pratikno dan Andika berbincang secara santai terkait renovasi di lingkungan Mabes AD. Keduanya sempat berkeliling di luar gedung Mabes AD.  "Ambience di sini membuat orang lebih friendly," kata Pratikno.

Andika juga sempat menunjukan pusat kebugaran Mabes AD kepada Pratikno. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada bahkan sempat menjajal satu buah alat dengan melakukan pull up. "Yang tadinya sakit, ilang setelah saya suruh latihan (alat) ini. Tapi satu gerakan harus empat jam," kata Andika saat menjelaskan fungsi salah satu alat gym.

Adapun, pertemuan tersebut dilakukan menjelang akhir masa kepemimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November mendatang. Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo dikabarkan sudah mematut para calon panglima baru untuk menggantikan Hadi sejak pertengahan tahun ini.

Sejalan dengan giliran rotasi, dua kandidat kuat Panglima TNI adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Dari perkembangan terakhir, nama Laksamana Yudo yang terus mencuat.

Kabarnya, Jokowi telah menjatuhkan pilihan kepada Yudo untuk menjadi Panglima TNI. Informasi yang sama disampaikan dua sumber lain Katadata.co.id di kalangan politisi dan pejabat pemerintah.

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait