PP Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Jatuh Pada Senin 2 Mei 2022

Ameidyo Daud Nasution
25 April 2022, 16:17
muhammadiyah, lebaran, idulfitri
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Seorang muslim menggunakan alat pelindung wajah (Face Shield) saat melaksanakan ibadah salat Id di salah satu kompleks perumahan, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (24/5/2020).

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin (2/5) mendatang.  Ini berarti Ramadan berlangsung selama 30 hari lantaran organisasi tersebut menetapkan awal puasa pada 2 April 2022.

PP Muhammadiyah juga mengimbau masyarakat agar rangkaian ibadah pada Lebaran dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan. Hal ini demi mencegah penularan Covid-19. 

Advertisement

"PP Muhammadiyah juga mengimbau agar Salat Idulfitri dan segenap rangkaiannya seperti takbiran, zakat fitrah dapat dilaksanakan dengan khusyuk," kata Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto di Yogyakarta, Senin (25/4) dikutip dari Antara.

Agung berharap pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah bisa dimanfaatkan dengan bijak oleh masyarakat. Apalagi sudah dua tahun belakangan aktivitas mudik tak bisa dilakukan lantaran mencegah penularan corona. 

Ia juga meminta para pemudik tetap waspada dan berhati-hati di jalan agar sampai kampung halaman dengan selamat. Pemudik diminta tak memaksakan diri berkendara jika lelah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement