Rambah Retail Elektronik, MAP Akan Jadi Distributor Apple Indonesia

Arief Kamaludin|KATADATA
MAP akan menjadi distributor resmi produk Apple di Indonesia.
Penulis: Ekarina
17/5/2019, 11.19 WIB

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) memperluas portofolio bisnis ke segmen retail elektronik. Menggandeng salah satu brand asal Amerika Serikat (AS), MAP akan menjadi distributor resmi produk Apple di Indonesia.

"Kami telah menandatangani kerja sama distribusi brand Apple di Indonesia. Detailnya sedang kami finalisasi, harapannya bisa terealisasi tahun ini," kata Direktur Relation and Corporate Communication MAPI, Fetty Kwartati kepada Katadata.co.id, Kamis malam (16/5).

Alasan perusahaan mengakuisisi brand Apple untuk dipasarkan di Indonesia, karena produk tersebut cukup besar dan dikenal di dalam negeri serta sejalan dengan bisnis perusahaan yang banyak bergerak di segmen gaya hidup.

(Baca: Anak Usaha MAP Siapkan Rp 250 Miliar untuk Buka 150 Gerai Retail)

Mitra Adiperkasa saat ini dikenal sebagai pemilik jaringan retail department store Sogo, Seibu, gerai fashion ZARA, Mango, Marks & Spencer dan lainnya.

Perusahaan juga mengoperasikan bisnis gerai makanan minuman melalui anak usaha MAP Boga seperti Starbucks, Cold Stone, Pizza Express dan Krispy Kreme. Kemudian, retail sepatu dan olahraga di bawah anak usaha, MAP Active yang membawahi penjualan gerai seperti Sports Station, Kidz Station, Clarks, Lego dan lainnya.

Sepanjang 2019, secara keseluruhan MAP telah mengoperasikan sebanyak 2.345 unit gerai. Perusahan juga tercatat telah memiliki lima unit gerai di Vietnam serta menjadi pemasok barang ke lebih dari 200 gerai retail di 37 kota besar Thailand.

Terkait kondisi bisnis ini, Fetty menyatakan tahun ini bisnis retail masih menantang dengan persaingan dan fluktuasi nilai tukar. Adapun perusahan menerapkan sejumlah startegi untuk meningkatkan kinerja tahun ini dengan memperkuat sinergi seluruh lini bisnis grup, fokus pertumbuhan merek-merek utama seperti Starbucks, ZARA, Sports Station, dan lainnya.

Kemudian fokus pada digitalisasi gerai MAP, ekspansi selektif untuk bisnis di Thailand sera Vietam dan mengevaluasi peluang pasar lain di Asia Tenggara.

Halaman: