Kekhawatiran Perang Dagang Mereda, Harga Minyak Dunia Naik Tipis

Katadata
Ilustrasi Kilang Minyak. Harga minyak dunia naik tipis pada perdagangan Rabu seiring menurunnya kekhawatiran investor akan perang dagang.
Editor: Ekarina
16/10/2019, 08.41 WIB

Harga minyak dunia kembali terkerek naik pada perdagangan Selasa atau Rabu Waktu Indonesia setelah pada sebelumnya mengalami penurunan. Sehari sebelumnya, harga minyak anjlok hampir 2% lantaran banyak investor khawatir perang dagang AS-Tiongkok yang tak akan benar-benar berakhir sehingga berpotensi menekan ekonomi global. 

Mengutip Reuters, harga minyak mentah berjangka jenis Brent naik 24 sen, atau 1,0%, menjadi US$ 58,98 per barel. Sedangkan harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate naik 24 sen, atau 0,41% menjadi US$ 53,05.

Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) memperingatkan perang dagang antara AS-Tiogkok akan memangkas pertumbuhan global 2019 ke laju paling dalam sejak krisis keuangan 2008-2009. Namun ekspor bisa meningkat, jika tarif perang dagang kedua negara dihapus.

(Baca: Harga Minyak Anjlok Hampir 2% di Tengah Keraguan Kesepakatan Dagang )

"Pasar terus fokus pada jalur pertumbuhan ekonomi global yang melemah dan terganggu oleh tidak adanya kemajuan signifikan pada pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok pekan lalu," ujar Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch, di Galena, Illinois.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan