Top News: Hasil Survei Pilkada Jakarta dan Asal Mula RANS Nusantara Hebat

Youtube/KPU Provinsi Jakarta
Pengambilan nomor urut cagub-cawagub Jakarta di KPU Jakarta, Senin (23/9). Foto: Youtube/KPU Provinsi Jakarta
24/9/2024, 05.45 WIB

KPU Jakarta resmi menetapkan 3 pasangan calon yang akan bersaing untuk mengikuti Pilkada Jakarta 27 November mendatang.

Ketiga pasang calon ini adalah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono mendapatkan dukungan partai politik, sedangkan Dharma Pongrekun-Kun Wardana maju sebagai calon independen.

Hasil survei elektabilitas ketiga pasangan calon ini menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id. Kemudian, ketahui juga bagaimana manajemen BREN menyurati FTSE, serta profil RANS Nusantara Hebat di kawasan BSD City.

1. 4 Hasil Survei Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil dan Pramono Berebut Pengaruh Anies

Hasil survei elektabilitas dari tiga lembaga survei menunjukan pasangan Ridwan Kamil-Suswono memimpin dengan persentase yang variatif dari 48,4% hingga 56,5%.

Selanjutnya, ada pasangan Pramono Anung-Rano Karno dengan elektabilitas di kisaran 22,1% hingga 28,4%, serta pasangan independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan dukungan 2,1% hingga 3,2%.

Tingginya persentase undecided voters pada ketiga hasil survei, memberikan peluang bagi setiap pasangan calon untuk meningkatkan elektabilitas mereka menjelang hari pemilihan.

KPU DKI Jakarta melaksanakan debat calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak tiga kali. Debat calon akan digelar bekerjasama dengan televisi penyelenggara yang dimulai 6 Oktober 2024.

2. Netizen Buktikan Fufufafa adalah Gibran: Cek GoPay dan OVO, Cuitan Kaesang

Netizen terus mencari cara untuk membuktikan bahwa akun Kaskus Fufufafa adalah Gibran Rakabuming Raka. Yang terbaru, warganet mengecek nomor telepon Fufufafa melalui GoPay dan OVO.

Akun Twitter atau X @YourAnonId membagikan biodata yang diklaim milik akun Kaskus Fufufafa. Berdasarkan gambar yang dibagikan, akun ini menyebut bahwa nama asli Fufufafa yakni Gibran Rakabuming Raka.

Akun tersebut juga menyertakan nomor telepon, alamat, Nomor Induk Kependudukan atau NIK, email, nama istri dan anak hingga pendidikan terakhir.

Akun X @YourAnonId terpantau hilang pada 22 September. Warganet kemudian ramai-ramai mengecek nomor telepon yang diunggah dengan mengirimkan saldo GoPay maupun OVO.

3. Manajemen BREN Surati FTSE Russell usai Didepak dari Indeks Bergengsi

Emiten milik orang terkaya nomor satu di Indonesia Prajogo Pangestu, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) menyurati Financial Times Stock Exchange Russell atau FTSE Russel. Surat dilayangkan usai dikeluarkan dari indeks bergengsi FTSE.

Legal & Corporate Secretary Department BREN, Randika Pratama menyampaikan manajemen telah mengetahui bahwa setelah sempat memasukkan BREN ke dalam indeks FTSE Russell kemudian mengumumkan BREN IJ akan dihapus dari indeks minggu depan.

Hal itu karena klaim yang salah bahwa empat pemegang saham menguasai 97% saham Barito Renewables Energy. Menurutnya, pernyataan tersebut tidak benar.

“Akibat dari publikasi ini, saham kami mengalami volatilitas signifikan, menyebabkan gangguan yang tidak perlu di pasar,” tulis Randika dalam suratnya, dikutip Senin (23/9).

Tak hanya itu, Randika juga mengatakan perusahaan meminta agar informasi yang dikutip segera ditinjau ulang. BREN juga mendesak FTSE Russell untuk mencabut pernyataan tersebut dan segera menerbitkan koreksi resmi untuk memperbaiki situasi.

4. IHSG Sesi I Turun ke Level 7.727, Saham GOTO dan ARTO Justru Bangkit

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ditutup anjlok 0,20% atau 15.41 poin ke level 7.727 pada perdagangan saham sesi pertama awal pekan ini, Senin (23/9).

Dari sebelas sektor saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), empat sektor terpantau anjlok dan menjadi pemberat bagi IHSG.

"Kami memperkirakan IHSG akan berkonsolidasi pada rentang 7.700-7.750 pada sesi kedua," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya Senin (23/9).

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan nilai transaksi saham hari ini mencapai Rp 6,60 triliun dengan volume 16,61 miliar saham dan frekuensi sebanyak 679.161 kali.

Sebanyak 281 saham menguat, 278 saham terkoreksi, dan 230 saham tidak bergerak. Adapun kapitalisasi pasar IHSG sesi pertama ini mencapai Rp 12.866 triliun.

5. Profil RANS Nusantara Hebat, Baru 6 Bulan Beroperasi Sudah Sepi Pengunjung?

Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2005-2010, Said Didu berkunjung ke RANS Nusantara Hebat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Sabtu lalu (21/9).

Kunjungan tersebut diunggah olehnya melalui akun X pribadi, disertai empat foto yang menunjukkan kondisi tempat kuliner tersebut.

“Malam minggu mengunjungi RANS Nusantara Hebat (milik Rafi Ahmad dan Kaesang) di BSD. Situasinya? Silakan publik menilai,” tulis Said, dikutip hari ini.

Dalam postingan tersebut terlihat beberapa sudut RANS Nusantara Hebat yang sepi pengunjung. Meja dan kursi banyak yang kosong meskipun dihias dengan gemerlap cahaya.

RANS Nusantara Hebat merupakan bisnis kuliner milik pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Mereka berkolaborasi dengan GK Hebat, perusahaan rintisan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep bersama mitranya Anthony Pradiptya.