Promosi Offline Masih Perlu untuk Jualan Online

Stanisic Vladimir/123rf
Penulis: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
21/11/2018, 17.39 WIB

Hasil kajian perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo menunjukan bahwa kampanye offline masih cukup efektif untuk menjangkau konsumen di era digital. Hanya, pemasaran melalui banyak saluran yang terintegrasi dinilai akan memaksimalkan penjualan online.

Lebih rinci, kampanye offline mampu menjangkau 49% pelanggan untuk membeli produk. Sementara kampanye online bisa merangkul 24% pengguna dan omnichannel mendorong 27% konsumen retail untuk berbelanja.

Sejalan dengan hal itu, ia memandang peretail perlu mengumpulkan lebih banyak data konsumen secara offline. "Data itu penting untuk mendapat kesimpulan mengenai perilaku konsumen secara tepat," kata General Manager Criteo Southeast Asia, Hong Kong, and Taiwan Alban Villani di Jakarta, Rabu (21/11).

Tak apa bila data konsumen offline yang diperoleh sudah lama. Sebab, setidaknya peretail mengetahui perilaku dan ketertarikan konsumen. "Kalau peretail tidak punya data (konsumen) offline, peretail tidak bisa mendorong konsumen untuk membeli," kata Alban. "Kalau punya datanya, peretail lebih berdaya saing."

(Baca juga: 300 E-Commerce Targetkan Transaksi Harbolnas 2018 Capai Rp 7 Triliun)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati