Survei APJII: UMKM Lebih Pilih Tokopedia dan Lazada

TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee
Penulis: Lenny Septiani
17/5/2023, 11.48 WIB

Pelaku UMKM lebih memilih platform e-commerce Tokopedia dan Lazada untuk berjualan, menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Bagaimana dengan Shopee dan TikTok Shop?

“Sebanyak 73,73% pelaku usaha menggunakan Tokopedia untuk berjualan,” demikian dikutip dari laporan APJII, Rabu (17/5).

Rincian e-commerce yang digunakan pelaku UMKM, yakni:

  1. 73,73% Tokopedia
  2. 38,81% Lazada
  3. 34,33% Shopee
  4. 12,54% Blibli
  5. 5,97% OLX
  6. 5,97% tidak tahu / tidak mau menjawab
  7. 10,15% semua atau beberapa media sosial
  8. 10,75% lainnya

Laporan tersebut juga menyebutkan 80% pelaku UMKM melakukan promosi melalui media internet, seperti:

  1. Situs website sendiri 26,18%
  2. Marketplace 26,18%
  3. Iklan Google atau situs website lain  11,32%
  4. Email pemasaran 9,74%
  5. Blog 2,5%
  6. Tidak ada 2,11%
  7. Grabfood / Gofood 0,79%
  8. TikTok Shop 0,13%

Survei APJII tersebut dilakukan terhadap 1.000 UMKM dan korporasi yang tersebar di Indonesia selama 24 Januari - 9 Maret, dengan cara wawancara dan kuesioner. Survei menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling.

Kontrol kualitas dilakukan random atas 30% dari total sampel. Sementara itu, tingkat kesalahan alias margin of error 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Kriteria responden yakni:

  • Pemilik/pengurus/karyawan yang dapat menjawab terkait penggunaan internet pada entitas usaha
  • Entitas memiliki izin usaha
  • Usaha yang dilakukan beroperasi pada bangunan permanen atau memiliki virtual office
  • Bukan merupakan cabang atau franchise
Reporter: Lenny Septiani