Bank Jago Ingin Integrasi Data Pelanggan GoTo Bisa Jalan Kuartal III

Gojek
Gojek investasi di Bank Jago
6/7/2021, 16.23 WIB

PT Bank Jago Tbk (ARTO) berencana mengintegrasikan data transaksi dengan Gojek dan Tokopedia yang telah  berkonsolidasi di bawah payung GoTo. Langkah tersebut sejalan dengan upaya bank digital ini untuk mencetak laba tahun ini.

Direktur Utama Bank Jago Kharim Indra Gupta Siregar mengaku pihaknya sedang menjajaki proses negosiasi dengan Gojek dan Tokopedia agar integrasi data tersebut bisa dijalankan pada kuartal III tahun ini.

Integrasi data transaksi dilakukan untuk membuat profil pelanggan dan memasarkan produk keuangan. Dengan Gojek, integrasi akan dilakukan agar pengguna Gojek bisa mendaftar menjadi nasabah Bank Jago. 

Pengguna Gojek kemudian bisa mendapatkan layanan keuangan dari Bank Jago, termasuk pinjaman (lending). Nantinya, Bank Jago akan meminta persetujuan kepada pelanggan untuk mengakses data perjalanan, pembelian makanan dan data transaksi lainnya. Data itu akan membantu menilai kelayakan pinjaman pengguna Gojek.

"Gaya hidup mereka sehari-hari bisa menjadi informasi bagi kami," kata Kharim dikutip dari Reuters, Selasa (6/7).

Selain dengan Gojek, integrasi data juga dilakukan dengan Tokopedia. "Dengan hadirnya Tokopedia, maka terciptalah ekosistem digital lain yang dapat bermitra dengan Bank Jago," katanya.

Menurut dia, integrasi data dengan Gojek dan Tokopedia sangat potensial untuk menggaet lebih banyak nasabah. Apalagi, Gojek memiliki 170 juta pengguna di Asia Tenggara. Sedangkan, Tokopedia memiliki lebih dari 11 juta penjual (merchant) dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan