Transformasi Digital untuk Mengakselerasi Pembangunan

Literasi digital merupakan bagian penting dari transformasi digital untuk menyukseskan program pembangunan dan Revolusi Industri 4.0 di Tanah Air.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
21 September 2021, 15:06

Literasi digital memainkan perang yang signifikan dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang mumpuni. Ini merupakan bagian penting dari transformasi digital untuk menyukseskan program pembangunan dan Revolusi Industri 4.0 di Tanah Air.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, ada lima hal yang harus dilakukan untuk percepatan transformasi digital. Antara lain pembangunan infrastruktur digital, integrasi pusat data nasional, penyiapan SDM bidang digital, penguatan ekosistem ekonomi digital, dan penyiapan peraturan untuk mendukung ekosistem digital.

Hal tersebut merupakan keniscayaan untuk menangkap peluang dan mengatasi tantangan di era digital. Mengingat, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital  selama periode 2015-2030. Keberadaan SDM yang mumpuni dapat mengoptimalkan ekonomi digital Indonesia yang pada 2030 nilainya diperkirakan mencapai Rp 4.531 triliun.

Guna meningkatkan kemampuan SDM lokal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan sejumlah program. Antara lain Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Digital Talent Scholarship (DTS), dan Digital Leadership Academy (DLA).


Informasi lebih lanjut tentang literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.