Ragam Donasi Penanganan Covid-19

Masyarakat melakukan penggalangan dana untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.
Dwi Hadya Jayani
Oleh Dwi Hadya Jayani
17 Agustus 2020, 14:00

Sejumlah pihak urun tangan untuk memberikan bantuan penanganan pandemi Covid-19. Bantuan yang diberikan berupa dana hibah dan donasi.

Penggalangan dana ini berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19. Mewakili pemerintah, BNPB mengumpulkan Rp 104,7 miliar hibah dari luar negeri, serta Rp 55,2 miliar dari dalam negeri. Sementara itu, donasi terkumpul Rp 77,2 miliar yang bersumber dari delapan perusahaan dan yayasan.

Selain melalui BNPB, dana juga dihimpun melalui penggalanan dana publik. Beberapa di antaranya diinisiasi Kitabisa.com yang berhasil mengantongi Rp 168,4 miliar. Selain itu, Dompet Dhuafa juga mengumpulkan Rp 20,2 miliar. Peduli Sehat dan We Care turut berpartisipasi dengan Rp 832,7 juta dan Rp 9,4 juta.

Berbagai pihak ikut andil menggalang dana untuk menangani Covid-19. Sejumlah kalangan yang membantu berasal dari perusahaan, yayasan, institusi, dan pribadi. Hal ini tak terlepas dari uluran tangan sejumlah artis yang mengadakan konser amal virtual melalui media sosial.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.