Jadi Pemain Baru, ExxonMobil Jual BBM Lebih Mahal daripada Pertamina

Anggita Rezki Amelia
26 Juni 2018, 15:48
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA

ExxonMobil menjadi pendatang baru di bisnis Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun, harga yang dipatok perusahaan asal Amerika Serikat ini masih lebih mahal daripada yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero).

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) Muhammad Ibnu Fajar mengatakan sebagai tahap awal, mereka membangun lima unit SPBU mini di beberapa titik di Purwakarta.  "SPBU mini Exxon di Purwakarta itu permanen, kebetulan mulai beroperasi sebelum lebaran," kata dia kepada katadata.co.id, Senin (25/6).

BBM yang dijual ExxonMobil memiliki oktan 92 atau setara Pertamax milik Pertamina. Adapun harga jualnya dan sudah disetujui Kementerian ESDM yakni Rp 9.500 per liter.  

Harga itu lebih mahal daripada Pertamax yang dijual Rp 8.900 per liter. Itu juga di atas harga Akra 92 milik PT AKR Corporindo Tbk yang dipatok sebesar Rp 9.200 per liter, dan produk PT Vivo Energy Indonesia, Revvo 92, sebesar Rp 9.400 per liter.

Namun, harga itu lebih murah dari BBM Super milik PT Shell Indonesia yang dipatok Rp 9.600 per liter. Kemudian setara dengan Performance 92 yang dijual PT Total Oil INdonesia sebesar Rp 9.500 per liter.

ExxonMobil memiliki bisnis lainnya di sektor retail BBM. Vice President Public & Government Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto pernah mengatakan ada dua bisnis di sektor BBM yang tengah digarap perusahaannya. Pertama adalah mengenai distribusi BBM di Jawa.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...