Kementerian ESDM Dorong SMI Berikan Pinjaman Bunga Rendah untuk EBT

Anggita Rezki Amelia
5 Oktober 2017, 19:37
Pembangkit Listrik Tenaga Air, Kracak, Bogor
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berusaha mencarikan lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman kepada pengusaha energi baru terbarukan (EBT) dengan bunga murah. Salah satunya adalah PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar berharap SMI dapat menyalurkan sebagian dana yang dimilikinya untuk pengembangan EBT. Ini untuk mensukseskan target bauran energi 23% pada 2025. “Kami harapkan bunganya rendah. Kami dialog sama SMI soal itu,"  kata dia di Jakarta, Kamis (5/10).

SMI memang memiliki dana sekitar Rp 3,81 miliar untuk pengembangan EBT. Namun, masih sebatas panas bumi. Dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Rp 3,1 triliun dan Rp 711 miliar adalah hibah Bank Dunia.

Selain SMI, Arcandra tetap mencari lembaga keuangan lainnya yang bisa membiayai proyek EBT dengan bunga murah. Sebenarnya ada beberapa lembaga keuangan luar negeri yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah ke pemerintah.

Salah satu lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman ada yang berasal dari Eropa. Lembaga itu menawarkan bunga pinjaman dibawah 5%. "Yang udah datang ke kami banyak," kata dia.

Meski ada beberapa yang menawarkan pinjaman, tapi sampai sekarang belum ada yang terealisasi. Kendalanya adalah persyaratan yang diajukan lembaga tersebut kepada pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...