Pertamina Ragu Masyarakat Mampu Beli BBM Euro 4 Karena Mahal

Menurut Gigih harga BBM standar Euro 4 nantinya bisa lebih dari Rp 9.000 per liter.
Anggita Rezki Amelia
4 April 2017, 18:33
isi bbm
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) mempertanyakan kemampuan masyarakat dalam membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) standar Euro 4 yang akan diterapkan mulai tahun depan. Alasannya harga dari produk itu akan lebih mahal dari BBM yang dikonsumsi masyarakat saat ini.  

Senior Vice President Fuel Marketing Distribution Gigih Wahyu Hari Irianto menyatakan harga BBM standar Euro 4 lebih mahal karena kualitasnya lebih tinggi. Apalagi kandungan sulfurnya lebih kecil yakni 50 ppm dibanding BBM saat ini sekitar 500 ppm. 

(Baca: Aturan Terbit, Kendaraan Wajib Pakai BBM Euro 4 Tahun Depan)

Menurut Gigih harga BBM standar Euro 4 nantinya bisa lebih dari Rp 9.000 per liter. Sementara harga Premium, Pertalite dan Pertamax masih di bawah Rp 9.000 per liter. “Apakah masyarakat​ mampu mengakomodir itu," kata dia di Jakarta, Selasa (4/4). 

Bahkan, harga BBM standar Euro 4 ini masih lebih mahal dibandingkan Pertamax Turbo yang spesifikasinya sudah mendekati standar tersebut. Saat ini saja harga Pertamax Turbo di Pulau Jawa sekitar Rp 9.250, tapi masyarakat belum banyak mengkonsumsi produk bensini ini.

Selain harga yang mahal, Pertamina memperkirakan BBM standar Euro 4 ini juga akan menghadapi masalah pasokan. Apalagi hingga kini kilang baru maupun revitalisasi dimiliki Pertamina belum rampung pengerjaannya. Sehingga pasokan dari dalam negeri masih harus menunggu proyek kilang selesai. (Baca: Pemerintah Akan Izinkan Pertamina Impor BBM Standar Euro 4)

Gigih mengatakan paling cepat Pertamina baru bisa memproduksi standar Euro 4 pada tahun 2021. Pasokan ini akan berasal dari kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang hingga kini masih dalam tahap revitalisasi.

Salah satu langkah yang bisa untuk menghadapi kendala pasokan ini adalah dengan mengimpor BBM standar Euro 4. "Pertamina ready, tapi saya yakin pemerintah akan tetap bijaksana untuk melakukan kick off dan ada roadmap nya," kata dia. 

(Baca: Belum Siap, Pertamina Baru Bisa Produksi BBM Euro 4 pada 2025)

Dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4, seluruh kendaraan yang beroperasi di Indonesia wajib menggunakan BBM dengan standar tersebut. Penerapannya melalui dua tahap dimulai dari tahun depan.

Video Pilihan

Artikel Terkait