Bertambah, Pemerintah Akan Lelang 14 Blok Migas Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
30 Maret 2017, 22:41
Sumur Minyak
Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menambah jumlah wilayah kerja migas yang akan dilelang tahun ini. Awalnya kementerian menyiapkan 9 blok migas untuk lelang 2017, kini jumlahnya bertambah menjadi 14 blok. Proses lelangnya akan dibuka pada Mei mendatang.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan 14 blok migas itu terdiri dari 10 blok migas konvensional dan empat blok migas nonkonvensional. Blok migas nonkonvensional  berada di kawasan Sumatera dan Kalimantan. (Baca: Lelang Blok Migas Nonkonvensional Tidak Laku)

Dalam lelang kali ini, pemenang wajib menggunakan skema kerja sama migas yang baru, tanpa penggantian biaya operasional hulu migas dari pemerintah (cost recovery) . ''Kami lelang pakai gross split,'' kata Wiratmaja di DPR, Jakarta, Kamis (30/3).

Meski jumlahnya lebih banyak dari yang dipersiapkan awal, blok migas yang ditawarkan dalam lelang tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 17 blok migas. Menurut Wiratmaja, jika antusiasme investor meningkat tahun ini, pemerintah akan memperbanyak jumlah blok migas pada lelang tahun-tahun berikutnya.

Kementerian ESDM memang belum mengumumkan hasil lelang blok migas 2016. Wiratmaja mengatakan kemungkinan hanya ada satu pemenang dalam lelang tahun lalu. Alasannya, mayoritas peserta lelang tidak memenuhi kriteria. Apalagi, lelang tersebut hanya diikuti oleh perusahaan-perusahaan kecil.

Sepinya peminat lelang tahun lalu menjadi pelajaran bagi pemerintah untuk memperbaiki iklim invesasi di Indonesia, khususnya sektor hulu migas.  "Tahun lalu yang kami lelang ternyata tidak laku, berarti ada sesuatu yang tidak diminati oleh big player (perusahaan besar)," kata Wiratmaja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...