PGN Perluas Jaringan Pipa Gas di Kalisogo-Waru

Arnold Sirait
13 Juni 2016, 18:31
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) masih dalam proses pembangunan pipa distribusi gas bumi di wilayah Kalisogo-Waru, Jawa Timur. Pipa sepanjang 30 kilometer (km) ini akan memperluas jaringan pipa gas buminya.

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan, proyek pipa gas Kalisogo-Waru ini bakal dialirkan ke calon pelanggan seperti industri pakan ternak, makanan dan minuman, keramik dan kawasan industri baru di sekitar wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. "Proyek pipa gas bumi ini akan semakin memperluas jaringan pipa gas PGN di Jawa Timur," kata dia berdasarkan siaran pers PGN, Senin (13/6). (Baca: Bentuk Holding Energi, Pertamina-PGN Masih Negosiasi Saham)

Di sisi lain, Sales Area Head PGN Sidoarjo Andaya Endy Saputra mengatakan, perusahaannya sudah  menyalurkan gas bumi kepada 5.218 pelanggan, baik ke rumah tangga maupun industri di wilayah Sidoarjo. Dengan tambahan infrastruktur pipa gas di Sidoarjo, akan semakin banyak rumah tangga, industri dan lainnya menikmati pasokan gas bumi dari PGN.

Selain proyek ini, PGN sedang menyelesaikan pembangunan pipa distribusi gas bumi rumah tangga di Surabaya sepanjang 167 km. Proyek ini merupakan penugasan pemerintah kepada PGN. Nantinya dari proyek tersebut, gas bumi akan dialirkan ke 24 ribu rumah tangga di wilayah Surabaya Tengah, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan.

Sementara di wilayah Jawa Timur, PGN telah menyelesaikan dua proyek baru pembangunan pipa gas bumi. Pertama, proyek pipa gas di wilayah Jetis-Ploso, Mojokerto-Jombang sepanjang 27 km. Pipa gas ini dapat memasok gas hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Kedua, proyek pipa gas bumi Kejayan-Purwosari di Pasuruan sepanjang 15 km. Infrastruktur ini dapat menyalurkan gas bumi hingga lima juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...