PGN Perluas Jaringan Pipa Gas di Kalisogo-Waru

Arnold Sirait
13 Juni 2016, 18:31
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) masih dalam proses pembangunan pipa distribusi gas bumi di wilayah Kalisogo-Waru, Jawa Timur. Pipa sepanjang 30 kilometer (km) ini akan memperluas jaringan pipa gas buminya.

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan, proyek pipa gas Kalisogo-Waru ini bakal dialirkan ke calon pelanggan seperti industri pakan ternak, makanan dan minuman, keramik dan kawasan industri baru di sekitar wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. "Proyek pipa gas bumi ini akan semakin memperluas jaringan pipa gas PGN di Jawa Timur," kata dia berdasarkan siaran pers PGN, Senin (13/6). (Baca: Bentuk Holding Energi, Pertamina-PGN Masih Negosiasi Saham)

Di sisi lain, Sales Area Head PGN Sidoarjo Andaya Endy Saputra mengatakan, perusahaannya sudah  menyalurkan gas bumi kepada 5.218 pelanggan, baik ke rumah tangga maupun industri di wilayah Sidoarjo. Dengan tambahan infrastruktur pipa gas di Sidoarjo, akan semakin banyak rumah tangga, industri dan lainnya menikmati pasokan gas bumi dari PGN.

Selain proyek ini, PGN sedang menyelesaikan pembangunan pipa distribusi gas bumi rumah tangga di Surabaya sepanjang 167 km. Proyek ini merupakan penugasan pemerintah kepada PGN. Nantinya dari proyek tersebut, gas bumi akan dialirkan ke 24 ribu rumah tangga di wilayah Surabaya Tengah, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan.

Sementara di wilayah Jawa Timur, PGN telah menyelesaikan dua proyek baru pembangunan pipa gas bumi. Pertama, proyek pipa gas di wilayah Jetis-Ploso, Mojokerto-Jombang sepanjang 27 km. Pipa gas ini dapat memasok gas hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Kedua, proyek pipa gas bumi Kejayan-Purwosari di Pasuruan sepanjang 15 km. Infrastruktur ini dapat menyalurkan gas bumi hingga lima juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Penyelesaian dua proyek pipa gas bumi tersebut menambah panjang pipa gas bumi PGN di Jawa Timur. Sebelum dua proyek itu rampung, PGN sudah mengoperasikan pipa gas di Surabaya sepanjang lebih dari 493 km, di Sidoarjo lebih dari 313 km dan Pasuruan sepanjang lebih dari 189 km. (Baca: PGN Akan Bangun Pipa Gas 1.680 Kilometer)

"Awal tahun ini saja beberapa industri di Sidoarjo sudah pakai gas bumi. Di antaranya  PT United Can, Samudra Luas,  dan Pancatriadi II," kata Andaya.

Hingga saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi mencapai lebih dari 7.000 km. Jumlah ini setara 76 persen dari total pipa gas bumi nasional.

Sampai saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Adapun pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua. (Baca: PGN Operasikan 76 Persen Jaringan Gas di Indonesia)

Pada 2015, PGN menyalurkan gas bumi mencapai 1.591 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Dari penyaluran gas bumi PGN kepada pelanggan tersebut, menciptakan penghematan bagi nasional sebesar Rp 88,03 triliun per tahun.

Advertisement
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait