PDIP Tolak Berkoalisi, PKS Nasehati untuk Bijak Saat Berkuasa

Image title
24 Juni 2022, 14:13
Sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengikuti jalannya penutupan Rapimnas DPP PKS 2022 di Jakarta, Selasa (21/6/2022).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengikuti jalannya penutupan Rapimnas DPP PKS 2022 di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Di tengah penjajakan koalisi partai politik untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah menutup diri untuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto, di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-2 PDIP.

Menanggapi pernyataan ini, PKS mengaku tak mempermasalahkannya. Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid, mengungkapkan PKS tidak mau mencampuri keputusan partai-partai lain, dalam membangun strategi politik untuk memenangkan Pemilu 2024, termasuk PDIP.

“PKS menghormati sikap dan keputusan partai politik termasuk PDIP,” ujar Kholid di Jakarta, Jumat (24/6).

Menurutnya, setiap partai memiliki hak untuk menentukan kedaulatan partai, termasuk arah koalisi mereka. Akan tetapi, dirinya mengingatkan agar PDIP bersikap bijaksana dalam menggunakan kekuasaan. Sebagaimana diketahui, PDIP merupakan partai utama pengusung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, dan memiliki suara terbanyak di dalam komposisi parlemen, yaitu 22,26%.

“Orang-orang Jawa selalu mengatakan adigang, adigung, adiguna. Ketika kita memiliki kekuasaan gunakanlah kekuasaan itu dengan bijaksana,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...