Top News: BEI Kembali Buka, Inspeksi Jokowi ke Labuan Bajo

Aryo Widhy Wicaksono
26 April 2023, 05:55
Pegawai melintas di depan layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (3/4/2023).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Pegawai melintas di depan layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (3/4/2023).

Sepanjang cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri perdagangan Bursa Efek Indonesia atau BEI telah menutup aktivitas perdagangannya. Mulai Rabu (26/4), dengan berakhirnya masa cuti bersama, BEI pun kembali membuka perdagangan.

Berita mengenai pembukaan bursa menjadi salah satu artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Selasa (25/4). Selain itu, simak juga berita mengenai 12 emiten yang siap memberikan dividen, serta Presiden Joko Widodo yang memeriksa persiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Bursa Saham akan Dibuka Besok, Bagaimana Pergerakannya?

Analis memproyeksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan menguat dengan kisaran 6.756-6.875 setelah perdagangan bursa ikut beristirahat lima hari yang dimulai 19 April 2023.

CEO Edvisor.id Praska Putranto mengatakan, pergerakan IHSG setelah libur lebaran diperkirakan kembali menguat. Namun penguatan IHSG terbatas sebab minimnya jumlah hari efektif perdagangan pekan ini.

Menurutnya, pergerakan IHSG akan dipengaruhi oleh sejumlah katalis. Pertama, tren penguatan IHSG di hari terakhir perdagangan minggu lalu yang ditopang kenaikan volume transaksi serta investor asing yang mencatat pembelian bersih atau net buy sebanyak Rp 1,32 triliun di pasar reguler. Hal ini menambah akumulasi dalam sepekan terakhir menjadi Rp 4,89 triliun.

Kemudian rilis data GDP tahunan Cina sebesar 4,5% sepanjang kuartal pertama 2023, berada di atas ekspektasi sebelumnya pada 3,2%. Selain itu, rilis data S&P Global Services dan Manufacture PMI Flash di AS yang naik di atas level 50.

Simak analisis pergerakan bursa saham yang akan dibuka.

2. Daftar 12 Emiten Siap Tebar Dividen Rp 28 Triliun Setelah Lebaran

Sebanyak dua belas emiten akan membagikan dividen kepada pemegang saham mencapai Rp 31 triliun setelah Lebaran. Dividen paling besar diberikan anak usaha Astra yaitu PT United Tractors Tbk (UNTR) mencapai yaitu Rp 22,5 triliun atau Rp 6.185 per saham.

Dalam data KSEI, ada beberapa bank yang ikut membagikan dividen kepada para pemegang saham, seperti PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS), dan PT BPD Jawa Timur Tbk (BJTM).

Selain itu, produsen keju merek Prochiz PT Mulia Boga Karya Tbk ikut menyemarakan pembagian dividen. Perusahaan berkode saham KEJU akan membagikan dividen Rp 112,5 miliar, setara dengan Rp 75 per saham.

Pembagian dividen ini tentunya sudah mendapat restu dari pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Dividen akan dibagikan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Cek daftar 12 emiten yang siap tebar dividen.

3. Sambut KTT ASEAN ke-42, Jokowi Periksa Kesiapan Acara di Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo memeriksa tempat Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-42 hari ini, Selasa (25/4). Kepala Negara dijadwalkan akan memimpin tujuh dari delapan pertemuan selama KTT berlangsung pada 10-11 Mei 2023 mendatang.

Selama di Labuan Bajo, Presiden Jokowi memeriksa dua tempat. Lokasi pertemuan KTT ASEAN ke-42 dan beberapa hotel tempat para pimpinan ASEAN bermalam.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...