Jaga Ketahanan Pangan, Gerakan Musim Tanam Kedua Dipercepat

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 Januari 1970, 07:00
PEMERINTAH MINTA PETANI PERCEPAT TANAM USAI PANEN
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan upaya penyediaan pangan selama darurat Covid 19. Selain itu, Kementan juga melakukan pengawalan ketersediaan pangan untuk kebutuhan selama Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2020.

 

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri saat dihubungi media, menjelaskan  bahwa upaya tersebut antara lain melalui  stabilisasi harga bahan pokok, menjamin ketersediaan pangan dan stok pangan, serta meningkatkan strategi dan efektivitas distribusi pangan ke berbagai daerah.

 

 "Demi menjaga ketahanan pangan, Kementan juga melakukan percepatan gerakan musim tanam kedua secara serentak di seluruh Indonesia minggu ini" ujar Kuntoro, Sabtu (16/5).

 

Selain itu, kata Kuntoro, program cetak sawah dan optimalisasi lahan rawa juga terus digenjot dalam rangka menjamin ketersediaan pangan dimasa depan.

 

 "Kementan juga mendorong kampanye dan implementasi pencegahan alih fungsi lahan dengan penerapan undang-undang  no 41 tahun 2009," katanya.

 

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) juga terus menggelar operasi pasar dan pasar murah demi mempermudah akses masyarakat mendapat pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...