Vonis Hakim Tipikor Bikin Pejabat Takut Ambil Risiko

Image title
Oleh
17 Juli 2014, 19:21
AK2014071616.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Vonis Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) terhadap mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Budi Mulya menimbulkan kekhawatiran para pengambil kebijakan.

Pejabat negara yang berwenang untuk membuat kebijakan tidak mau mengambil risiko jika di masa mendatang kebijakannya tersebut dipersalahkan. ?Semua orang akan takut mengambil kebijakan karena itu (putusan majelis hakim),? kata Menteri Keuangan Chatib Basri di kantornya, Jakarta, Kamis (17/7).

Dalam keputusannya, majelis hakim tipikor menyatakan tidak ada krisis keuangan pada 2008. Oleh karena itu, keputusan BI memberikan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century serta keputusan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang menetapkan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik tidak dibenarkan.

Padahal, kata Chatib, situasi pada 2008 betul-betul terjadi krisis. Hal ini dibuktikan dengan terbitnya tiga peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk mengantisipasi krisis. ?Kalau nggak (krisis), tidak akan ada Perppu. Bagaimana Perppu dibuat kalau tidak ada krisis?? ujarnya.

(Baca: Hakim Kasus Century: Tidak Ada Krisis Keuangan pada 2008)

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...