Rini Ancam Copot Direksi BUMN yang Tak Becus Kelola PMN

Aria W. Yudhistira
22 Januari 2015, 09:53
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Menteri BUMN Rini Soemarno mengancam akan mencopot direksi BUMN yang tidak becus mengelola dana PMN.

KATADATA ? Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengancam akan mengganti seluruh manajemen perusahaan pelat merah jika tidak dapat mengelola suntikan modal dari pemerintah dengan baik.

Dia meminta BUMN yang memperoleh penyertaan modal negara (PMN) dapat menggunakan dana tersebut sesuai dengan program kerja Presiden Joko Widodo. ?Kalau BUMN nggak kelola dengan baik, kami akan ganti manajemennya,? katanya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/1).

Selain itu, dia juga akan memperketat program-program BUMN yang menerima PMN, sehingga memperkecil adanya celah untuk melakukan penyelewengan. Program-program BUMN yang nantinya akan mendapat PMN tersebut kata dia juga harus bersinergi dengan kementerian terkait.

(Baca: Inilah 35 Perusahaan yang Diusulkan Mendapat PMN Tahun Ini)

Contohnya adalah PT Perkebunan Nusantara yang nantinya akan membuat program yang terkait dengan gula. Ini sejalan dengan program Kementerian Pertanian untuk mewujudkan swasembada gula. ?Jadi revitalisasi pabrik gula yang ada sekarang, menaikkan rendemen, dan pabrik gula memproses produk sampingan yakni etanol,? ujarnya.

Nantinya Kementerian BUMN, juga akan menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengawasi BUMN. Pemerintah juga akan melibatkan komisi IV DPR untuk menganalias rencana bisnis Perusahaan Perkebunan tersebut.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...