Hingga Juni, Lifting Minyak Masih di Bawah Target

Anggita Rezki Amelia
20 Juli 2016, 18:21
Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi lifting atau produksi siap jual minyak pada semester pertama tahun ini sebesar 817 ribu barel per hari (bph). Angka ini masih di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 yang ditargetkan 820 ribu bph.

Kepala Humas SKK Migas Taslim Z.Yunus mengatakan sebenarnya lifting minyak semester pertama tahun ini masih lebih baik dari periode yang sama di tahun lalu. Pada semester pertama tahun lalu lifting minyak tercatat hanya mencapai 759 ribu bph.

Rendahnya realisasi lifting ini disebabkan adanya penurunan akibat penundaan lifting migas pada saat libur Idul Fitri awal Juli. "Kemarin banyak lifting tidak jalan karena kapal tidak jalan juga," kata dia dalam acara sarasehan media di Bandung, Selasa (19/7) malam. (Baca: SKK Migas: Kendala Teknis Jadi Faktor Penghambat Lifting Migas)

Selain ada libur Idul Fitri, rendahnya capaian lifting minyak juga disebabkan kondisi lapangan yang tua, sedangkan penambahan sumur produksi yang baru masih relatif sedikit. Akibatnya, cadangan minyak menurun dan berimbas pada penurunan produksi yang dinilai sudah mulai tinggi.

Lifting Minyak Hingga 30 Juni 2016
Lifting Minyak Hingga 30 Juni 2016 (SKK Migas)

Dia menjelaskan ada empat kontraktor yang menjadi penopang lifting nasional. Salah satunya Chevron Pacific Indonesia di Blok Rokan, Riau. Lifting dari blok migas ini, hingga 30 Juni 2016 mencapai 256.400 bph.

Selain itu ada Mobil Cepu Ltd di Blok Cepu, Jawa Timur, yang menyumbang produksi minyak hingga 154.700 bph. Kemudian PT Pertamina EP sebesar 85.800 bph, dan Total E&P di Blok Mahakam sebanyak 63.600 bph. “Empat kontraktor ini kontribusinya sudah lebih dari 65 persen,” ujarnya.

Berbeda dengan minyak, capaian lifting gas lebih tinggi dari target APBN-P 2016. Hingga 30 Juni 2016 lifting gas mencapai 1,17 juta barel setara minyak per hari (bsmph), sedangkan targetnya sebesar 1,11 juta bsmph. Realisasi ini juga lebih tinggi semester I tahun lalu yang hanya 1,09 juta bsmph.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...