Lifting Minyak Agustus Turun 2,3 Persen karena Faktor Alamiah

Anggita Rezki Amelia
22 Agustus 2016, 20:31
Rig Minyak
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat produksi siap jual (lifting) minyak pada Agustus 2016 mencapai 817 ribu barel per hari (bph). Pencapaian ini lebih rendah 2,3 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar 836.370 bph. Begitu pula lebih rendah dari target dalam APBN Perubahan 2016 yang sebesar 820 ribu bph.

Sementara itu, produksi minyak hingga Agustus ini mencapai 834 ribu bph. Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan menjelaskan, pencapaian yang lebih rendah tersebut karena beberapa blok migas mengalami penurunan alamiah. Secara total, rata-rata penurunan produksi secara alamiah  tiap tahun sekitar 20-25 persen. Belum lagi, ada beberapa  proyek migas yang tertunda akibat harga minyak yang rendah.

(Baca: Lifting Migas Juli Telah Lampaui Target APBN-P 2016)

Untuk mengatasi penurunan secara alamiah itu, SKK Migas meminta beberapa kontraktor melakukan kegiatan seperti program kerja ulang dan perawatan sumur. Dengan begitu, target lifting minyak dalam APBNP 2016 dapat tercapai pada akhir tahun nanti. 

Produksi minyak nasional saat ini masih ditopang oleh Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, yang tidak mengalami penurunan alamiah. Bahkan, ExxonMobil berencana meningkatkan produksi di lapangan tersebut hingga 200 ribu bph. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...