ADB Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 5 Persen

Ameidyo Daud Nasution
27 September 2016, 17:48
Pertumbuhan Ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA

Pandangan pesimistis masih melingkupi kondisi perekonomian Indonesia pada tahun ini. Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi negara ini menjadi 5 persen, dari perkiraan sebelumnya pada Maret lalu sebesar 5,2 persen. 

Selain itu, ADB menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan dari 5,5 persen menjadi 5,1 persen. Pertimbangannya, kebijakan pemangkasan anggaran belanja pemerintah akan mengerem laju perekonomian.

Belanja pemerintah untuk infrastruktur akan mengalami percepatan pada paruh kedua tahun ini. Hal tersebut sejalan dengan pola tahunan kenaikan pengeluaran menjelang akhir tahun. Namun, ADB melihat, secara keseluruhan investasi dan konsumsi pemerintah akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya karena rendahnya realisasi pendapatan.

(Baca: Darmin Masih Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi 2016 Tercapai)

Kepala Perwakilan ADB Indonesia Steven Tabor mengatakan, belanja modal terutama untuk pembangunan infrastruktur merupakan salah satu motor utama lambatnya ekonomi tahun ini. "Itu menjadi salah satu faktor (revisi pertumbuhan ekonomi)," katanya dalam pemaparan edisi terbaru publikasi ekonomi tahunan, Asian Development Outlook 2016, di Jakarta, Selasa (27/9).

Para pengambil kebijakan di Indonesia perlu mempertimbangkan berbagai langkah menghadapi risiko prospek pertumbuhan jika terjadi pemotongan anggaran dan timbulnya keterlambatan berbagai proyek infrastruktur. Laporan ini juga mencatat adanya kelemahan di pasar tenaga kerja yang dapat melemahkan kepercayaan konsumen.

Jumlah pekerjaan pada periode 12 bulan sampai dengan Februari 2016 menurun, dibandingkan tahun sebelumnya, walaupun jumlah pekerjaan di perdesaan meningkat. Meskipun sektor pertanian di pedesaan dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak karena keterlambatan musim panen. (Baca: Genjot Ekonomi, Pemerintah Didorong Perlebar Defisit Anggaran)

"Selain itu, pasar tenaga kerja bagi pekerja berpendidikan mengalami stagnasi upah, dengan makin banyaknya lulusan pendidikan tinggi yang mengambil pekerjaan yang tidak memerlukan kualifikasi setinggi mereka," kata Sona Shrestha, Wakil Kepala Perwakilan ADB di Indonesia.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...