Pelabuhan Internasional Sorong Mulai Dibangun Tahun Depan

Ameidyo Daud Nasution
9 November 2016, 20:14
Pelabuhan Ekspor
Arief Kamaludin|KATADATA

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G. Masassya menargetkan pembangunan Pelabuhan Internasional Seget di Sorong bisa segera dimulai tahun depan. Saat ini pihaknya sedang melakukan pembebasan lahan dan mempersiapkan penunjang pembangunan lainnya.

"Ini kami sedang mulai proses pembangunannya," kata Elvyn di acara Forum Dialog Logistik Nasional di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu (9/11).

(Baca: Pemerintah Kembangkan Pelabuhan Tol Laut di Nusa Tenggara)

Dia menjelaskan Pelabuhan Internasional Seget memiliki kapasitas untuk menampung peti kemas yang cukup besar, yakni hingga 1 juta TEUs. Pelabuhan Seget akan melengkapi dan mendukung dua pelabuhan lain yang sudah berjalan, di wilayah tersebut.

Totalnya akan ada tiga pelabuhan yang ada di Sorong, yang pengelolanya berbeda-beda. Ketiga pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Arar yang dimiliki Kementerian Perhubungan, Pelabuhan Kota Sorong yang dikelola Pelindo IV, dan Pelabuhan Seget yang akan dibangun Pelindo II.

Target Pelindo II untuk segera memulai pembangunan Pelabuhan Seget ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pagi tadi, saat membuka acara Indonesia Infrastructure Week di JCC, Jakarta, Jokowi meminta pembangunan infrastruktur dipercepat. Langkah ini penting agar daya saing Indonesia bisa segera naik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...