Sri Mulyani Harap DPR Bahas RUU Redenominasi Rupiah 2017

Ameidyo Daud Nasution
19 Desember 2016, 18:32
No image

Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyediakan ruang untuk membahas program penyederhanaan nilai mata uang (redenominasi) rupiah pada tahun depan. Dia ingin Rancangan Undang-Undang Redenominasi Rupiah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2017.

Sri beralasan dengan adanya redenominasi rupiah, bisa dikatakan perekonomian Indonesia membaik. Sehingga kepercayaan terhadap Indonesia semakin tinggi. Apalagi banyaknya angka nol dalam mata uang rupiah saat ini, merupakan dampak dari krisis ekonomi 1998 yang telah lama berlalu.

“Jadi kalau memang ada slot (dalam Prolegnas 2017), kami ingin (RUU Redenominasi) dimasukkan,” kata Sri Mulyani di jakarta, Senin (19/12). (Baca:  Gubernur BI Minta Dukungan Jokowi Ubah Rp 1.000 Jadi Rp 1)

Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Sri menjelaskan sosialisasi redenominasi paling tidak dilakukan selama tujuh hingga delapan tahun. Dia juga memastikan redenominasi hanya mengurangi angka nol di setiap uang rupiah, tanpa berdampak apapun.

Terkait dengan hal ini, ekonom dari Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih sedikit menyayangkan pihak pemerintah, BI, dan DPR tidak memulai pembahasan redenominasi mulai dari tahun ini. Karena inflasi saat ini cukup rendah yakni berkisar di angka 2,97 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...