Pemerintah Dituntut Berikan 100% Hak Kelola Jambi Merang ke Pertamina

Arnold Sirait
27 April 2017, 18:53
Blok migas
Katadata

Serikat Pekerja PT Pertamina Hulu Energi menuntut pemerintah agar menyerahkan 100 persen hak kelola Blok Jambi Merang di Sumatera Selatan ke Pertamina ketika kontraknya berakhir. Tujuannya untuk memperkuat peran perusahaan negara dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Ketua Umum Serikat Pekerja PHE Casdira mengatakan, Blok Jambi Merang memiliki cadangan yang masih cukup besar. Dari data Wood Mackenzie tahun 2016, cadangan minyak yang ada di blok itu mencapai 16 juta barel dan gas 362 miliar kaki kubik (bcf). (Baca: Awal 2016, Cadangan Migas Nasional Bertambah 580 Juta Barel)

Selain itu, Blok Jambi Merang memiliki risiko yang relatif kecil karena sudah berproduksi. Blok ini juga menjadi salah satu tulang punggung PHE.

“Serikat Pekerja PHE menuntut pemerintah memberikan pengelolaan Blok Jambi Merang khususnya, dan blok-blok migas dengan cadangan yang besar pada umumnya, 100% kepada Pertamina,” kata Casdira berdasarkan keterangan resminya, Kamis (27/4).

Dengan menyerahkan 100% hak kelola ke Pertamina, harapannya peran perusahaan negara di dalam pengelolaan migas nasional tersebut meningkat. Sejauh ini, Pertamina merupakan perusahaan migas nasional (National Oil Company/NOC) memiliki peran paling kecil di sektor hulu migas dibandingkan negara lain.

Pertamina hanya menyumbang 23 persen dari total produksi migas nasional. Padahal, NOC lain seperti Malaysia bisa berkontribusi sebesar 45 persen dan Statoil 62 persen. Bahkan, Pertamina kalah jauh dibandingkan perusahaan migas nasional di Timur Tengah, yang kontribusinya lebih dari 80 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...