Kejar Swasembada Bawang, Kementan Minta Tambah Anggaran Rp 1 Triliun

Image title
30 Mei 2017, 15:04
Bawang putih
ANTARA FOTO/Jojon

Menteri Pertanian Amran Sulaiman minta tambahan anggaran Rp 1 triliun per tahun untuk merealisasikan target swasembada bawang putih pada 2019. Menurutnya, tambahan anggaran tersebut tak seberapa ketimbang devisa Rp 20 triliun yang tiap tahun mengalir untuk impor bawang putih.

Ia menyebut, dengan tambahan anggaran tersebut Kementerian Pertanian (Kementan) bisa mempercepat capaian target swasembada, dari semula 2026 jadi 2019. Amran bahkan meminta tambahan anggaran itu bisa cair tahun ini juga melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P).

“Ini dicatat, rencana kita mungkin 5 tahun sampai 10 tahun ke depan swasembada bawang putih. Tapi kalau kami ditambahkan anggaran APBN-P tidak lewat  2019 sudah swasembada,” katanya di sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional 2017 di Jakarta, Selasa (30/5).

(Baca juga: KPPU Incar Enam Kelompok Kartel Bawang Putih di Medan dan Surabaya)

Amran mengklaim, untuk mencapai swasembada bawang putih, Kementan hanya memerlukan lahan seluas 60 ribu hektar. Lahan yang akan disiapkan berada di Lombok timur, Temanggung, Enrekang, dan Solok.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...