Pemerintah Akan Resmikan 380 Kilometer Jalan Tol Baru Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
5 September 2017, 18:49
Tol Salatiga Bawen
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Petugas mengecek kesiapan Tol Bawen-Salatiga di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (8/6). PT Trans Marga Jateng (TMJ) memastikan pada H-7 arus mudik lebaran 2017 jalan tol ini dapat dilalui sebagai jalur alternatif untuk memecah kemacetan di jalan utam

Pemerintah menargetkan peresmian 380 kilometer jalan tol baru hingga akhir tahun ini. Panjang jalan tol tersebut terdiri dari 21 ruas yang saat ini sedang dibangun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengakui, target tersebut merupakan hasil revisi. "Awalnya kami berharap 392 kilometer tapi kami upayakan terus," katanya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (5/9).

Ia menyatakan, sepanjang bulan ini saja, akan ada 97,3 kilometer jalan tol baru yang akan diresmikan. Jalan tol tersebut terdiri dari lima ruas yang berada di Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Ruas pertama yang akan diresmikan adalah Semarang - Solo Seksi III (Bawen - Salatiga) sepanjang 17,6 kilometer. Ruas ini rencananya diresmikan pekan pertama September 2017. (Baca juga: Bertemu Jepang, Jokowi Ingin Percepat Laju Kereta Jakarta – Surabaya)

"Semula Salatiga ke Bawen akan beroperasi Agustus tapi masih ada proses laik fungsi dulu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...