Tunggangi Truk Pasir, Jokowi Resmikan Tol Pertama di Lampung

Ameidyo Daud Nasution
22 Januari 2018, 12:07
Jokowi Naik Truk pasir
Kementerian PUPR
Presiden Jokowi menjajal tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan menggunakan truk pasir, Minggu (21/1)

Ada yang unik dalam peresmian jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, kemarin (21/1). Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol pertama di Provinsi Lampung tersebut dan langsung menjajalnya dengan menggunakan truk pengangkut pasir.

Tak hanya Jokowi, para menteri yang mendampinginya dalam peresmian sebagian tol Trans Sumatra ini pun ikut menaiki truk pasir. Jokowi sendiri menggunakan truk Hino berwarna putih, sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menggunakan truk serupa berwarna hijau. 

Advertisement

(Baca: Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Akan Difungsikan Lebaran 2018)

Jokowi tidak menjelaskan apa alasan dirinya menunggangi truk pasir. Dia mengatakan ini merupakan simbol bahwa Tol tersebut adalah jalur logistik nasional yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera serta dalam rangka pengembangan kawasan berbasis hilirisasi komoditas pertanian yang sangat potensial di Provinsi Lampung.

Meski dari sisi kelayakan finansial tol ini masih sangat kecil dalam memberikan keuntungan bagi investor, tapi tetap harus dibangun karena menjadi kebutuhan untuk memenangkan persaingan global. Jalan tol dapat mempercepat proses pengiriman barang dan berujung pada peningkatan daya saing,

"Kalau biaya transportasi mahal bagaimana produknya bisa murah," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (22/1). (Baca: Pemerintah Klaim Tol Sumatera Picu Efek Berantai Ekonomi Rp 769 T)

Dari total panjang tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140 kilometer (km), yang baru diresmikan kemarin hanya dua segmen sepanjang 14 km. Keduanya adalah segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni serta Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru. Adapun peresmian tol ini dilakukan di di Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Untuk awal pemerintah masih menggratiskan kendaraan melintasi tol ini.

Jokowi juga meminta sisa 126 km tol Bakauheni-Terbanggi Besar dapat diselesaikan pada Juni tahun ini. Bahkan dia juga memerintahkan penyelesaiannya ditambah dari Lampung hingga Sumatera Selatan, agar bisa mendukung perhelatan akbar Asean Games 2018 yang akan digelar di Palembang.

Secara khusus, Presiden meminta Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyelesaikan permasalahan lahan untuk pembangunan tol di wilayahnya. Ridho sendiri menyanggupi perintah Jokowi tersebut. "Janji itu saya tulis. Nanti kalau pembebasan lahan tidak selesai, saya cek lagi tanggung jawabnya ada di siapa," kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement