Penerbitan Aturan 8 Blok Tunggu Kesepakatan Pertamina dan Mitra

Anggita Rezki Amelia
23 Maret 2018, 19:29
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM hingga kini belum menerbitkan aturan mengenai pengelolaan delapan blok minyak dan gas bumi/migas yang akan berakkhir tahun ini. Alasannya adalah menunggu kesepakatan antara PT Pertamina dan mitra di delapan blok tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan aturan berupa Keputusan Menteri itu terbit setelah ada kesepakatan Pertamina dan mitra. "Kami menunggu hasil kesepakatan Pertamina dan badan usaha atau bentuk usaha tetap eksisting, di situ kan ada proses business to business.  Nanti kalau ada perubahan Pertamina akan kirim surat ke menteri," kata dia di Jakarta,Jumat (23/3).

Ego belum bisa memastikan waktu penandatangan kontrak baru delapan blok tersebut. Harapannya bisa terlaksana secepatnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM sudah menyurati Kepala SKK Migas dan Direktur Utama Pertamina mengenai komposisi pembagian hak kelola delapan blok. Surat tertanggal 15 Maret 2018 dan ditandatangani Ego itu selanjutnya akan ditetapkan dalam Keputusan Menteri ESDM. Perinciannya sebagai berikut:  

1. Tuban. Pertamina atau afiliasinya mendapatkan 78,75%. Badan Usaha/Badan Usaha Tetap eksisting yang berminat sebesar 11,25%. Badan Usaha Milik Daerah/BUMD 10%. Pertamina atau afiliasinya sebagai operator. Bonus tanda tangan US$ 5 juta dan dibayar Pertamina atau afiliasinya US$ 2,5 juta, sisanya BU/BUT eksisting yang berminat.

2. Ogan Komering. Pertamina atau afiliasinya 75%. BU/BUT eksisting yang berminat 15%. BUMD 10%. Pertamina atau afiliasinya sebagai operator. Bonus tanda tangan sebesar US$ 5 juta yang pembayarannya dibagi rata Pertamina dan mitra eksisting.

3. Sanga-sanga. Pertamina atau afiliasinya sebesar 67,5%. BU/BUT eksisting yang berminat 22,5%. BUMD 10%. Pertamina atau afiliasinya sebagai operator. Bonus tanda tangan US$ 10 juta. Pertamina dan mitra eksisting masing-masing membayar US$ 5 juta.

4. South East Sumatera. Pertamina atau afiliasinya 70,55%. BU/BUT 19,45%. BUMD 10%. Pertamina atau afiliasinya jadi operator. Bonus tanda tangan US$ 10 juta. Pertamina dan mitra masing-masing US$ 5 juta.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...