Umur 21 Tahun, Natanael Sukses Kembangkan 36 Cabang Bananugget

Desy Setyowati
9 Juni 2018, 07:00
Bananugget
Instagram/@bananugget_jkt
Bananugget

Olahan pisang goreng dibalut tepung panir layaknya nugget dan diberi topping aneka rasa, kini tengah menjadi tren kuliner di media sosial. Salah satu pelopornya adalah Bananugget. Namun, siapa sangka pemilik waralaba dengan 36 cabang ini baru berumur 21 tahun?

Natanael Winata mendirikan Bananugget sejak Juli 2017, saat dirinya masih kuliah semester 3 di Universitas Kristen Duta Wacana. Kini, Bananugget sudah memiliki 36 cabang di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), DI Yogyakarta, Semarang, dan Cirebon.

Advertisement

"Ada 20 lebih franchise, sisanya cabang sendiri," ujar dia saat acara Lokakarya STalks di Jakarta, Selasa (5/6) sore.

Ia pun berbagi tips berbisnis dengan model franchise. Di awal usaha, ia memberi harga murah kepada franchise. Lalu ia fokus berkampanye di Instagram melalui akun @bananugget-jkt, agar produknya ini menjadi tren. Untuk memperluas jangkauan ke konsumen, Bananugget juga menjadi mitra jasa pesan antar makanan milik Go-Jek yakni Go-Food dan GrabFood besutan Grab.

Setelah bisnisnya berkembang dan banyak dilirik pemodal, tarifnya ia naikkan. Kini, ia membanderol tarif Rp 60 juta per franchise

(Baca juga: Berkah Go-Food bagi Pisang Goreng Bu Nanik)

Berkaca dari bisnis-bisnis lainnya, ia tak ingin usahanya mati karena jarak cabang ataupun franchise yang terlalu berdekatan. Ia pun menerapkan kebijakan, jarak antar franchise atau cabang Bananugget minimal 6 kilometer. Ia kini tak lagi menerima franchise di Jabodetabek, karena jumlahnya sudah terlalu banyak.

Sejalan dengan tren yang makin berkembang, ia mengakui persaingan bisnis nugget pisang pun makin ketat. Bahkan, ada yang terang-terangan menjual produk dengan gambar Bananugget tanpa izin.

Agar tak ditinggal pelanggan, Natanael pun gencar berinovasi dengan menambah varian topping. Saat ini, ia menyediakan topping berupa tiramisu, matcha, coklat, biskuit marie, milo, nutella, keju, crunch, chocomaltine, dan lainnya.

Selain itu, ia juga menjamin bahan baku pisang yang digunakannya. Ia datang langsung ke beberapa daerah untuk memastikan cabang atau waralaba Bananugget di wilayah tersebut mendapat pasokan pisang dengan mutu seragam.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement