Api Asian Para Games 2018 Diinapkan di Keraton Kesultanan Ternate

Tim Publikasi Katadata

Minggu 9/9/2018, 06.56 WIB

Api obor yang ditempatkan di sebuah lentera ini kemudian diinapkan satu malam di Keraton Kesultanan Ternate.

Obor Asian Para Games
Katadata

Ternate: Api obor Asian Para Games Games ke-3 tahun 2018 yang diambil dari api abadi Mrapen, Jawa Tengah hari Sabtu (8/9) siang, tiba di Keraton Kesultanan Ternate, Maluku Utara. Api obor yang ditempatkan di sebuah lentera ini kemudian diinapkan satu malam di Keraton Kesultanan Ternate. 

 

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta didampingi Sekjen Inapgoc Bayu Rahadian yang membawa lentera, tiba di Kedaton disambut dengan tarian Cakalele. Lentera api abadi kemudian diserahkan kepada Walikota Ternate Muhamad Senin bersama perangkat adat Kesultanan Ternate. "Barusan kita lihat bersama api abadi yang diambil dari Mrapen dan telah diprosesi di Solo, Jawa Tengah kali ini memasuki kota Ternate dan kami sudah serahkan kepada Pemerintah Kota Ternate dan Keraton Kesultanan Ternate," kata Raden Isnanta.

 

Menurutnya kobaran api abadi menandakan semangat bahwa Ternate peduli terhadap kesetaraan penyendang disabilitas dalam kehidupan sehari-hari. "Ternate dan sekitarnya tentu ikut mendoakan, menyemangati, mendukung dan turut serta mensukseskan suksesnya Asian Para Games di Jakarta Oktober mendatang," jelasnya.

 

Walikota Ternate Muhamad Senin merasa bersyukur lentera api Asian Para Games 2018 telah diserahkan kepada Pemkot dan Kesultanan Ternate untuk diinapkan satu malam. "Kami rakyat Ternate dan Maluku Utara dan seluruh perangkat adat merasa bangga bahwa diberikan kepercayaan untuk bersama mensukseskan Asian Para Games, yang merupakan perhelatan olahraga internasional kaum disabilitas," katanya.

Menurutnya hal ini mengedukasi dan membangun kesadaran para penyandang disabilitas, bahwa mereka memiliki kesempatan sama, di segala bidang termasuk bidang olahraga.

 

Sekjen Inapgoc Bayu Rahadian menambahkan, api obor Asian Para Games esok hari akan diarak ke landmark bersama ribuan komunitas sepeda, dan malam harinya dibawa ke malam puncak Haornas di Stadion Kie Raha Ternate. "Spirit dan uforia bangsa Indonesia yang masih merayakan keberhasilan di Asian Games insyaallah akan ditambah dengan Asian Para Games dengan target tujuh atau delapan besar, APG tidak semata mata prestasi tapi humanity," ujar Bayu. (ben)

 

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha