Warga Indonesia Bangun Bisnis Blockchain di Sillicon Valley

Desy Setyowati
21 September 2018, 11:00
Rick Bleszynski
LinkedIn
Rick Bleszynski, CEO Splend Ltd.

Teknologi blockchain telah menjadi primadona di era digital. Di Sillicon Valley yang menjadi kiblat pengembangan teknologi digital pun perusahaan-perusahaan pengembang blockchain bermunculan. Salah satunya adalah Splend yang didirikan oleh seorang Warga Negara Indonesia, Rick Bleszynski.

Rick menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Tebet dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Solo. Setelah itu, Rick tinggal di Silicon Valley pada 1978. Ia pun melanjutkan studi di San Jose State University dan University of Phoenix, jurusan mikroprosesor.

Setelah itu, ia bekerja di beberapa perusahaan teknologi besar seperti LSI Logic Corporation dan Velonex Corporation. "Lalu, saya berpikir, setelah Intel menjadi hal besar, apa lagi yang bisa dibuat?" kata dia di Jakarta, Kamis (20/9). Untuk itu, ia mendirikan Splend pada 2016.

Menurutnya, blockchain bakal menjadi teknologi yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan instansi. Untuk itu, ia fokus mengembangkan bisnis teknologi blockchain. "Tidak banyak yang membuat infrastruktur blockchain," ujarnya. "Padahal, teknologi ini aman. Sejak 2009, blockchain belum bisa dibobol."

(Baca juga: Pencurian Bitcoin dari Sistem Blockchain Diklaim Butuh Rp 70 Triliun)

Saat ini, ia tengah berdiskusi intensif dengan beberapa perusahaan di bidang media sosial dan kesehatan di AS terkait kerja sama pemanfaatan blockchain. Selain itu, Splend berdiskusi dengan beberapa perusahaan di Jepang dan Indonesia.

Yang sudah sepakat, Splend bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti Huawei di Tiongkok untuk mengembangkan infrastruktur identity network. "Itu proyek yang besar. Mereka akan pakai wallet dan blockchain kami," kata dia.

Dari hasil diskusi dengan beberapa instansi dan korporasi, ia melihat ada dua tantangan untuk mengimplementasikan blockchain di banyak negara. Pertama, membangun ekosistem supaya pemanfaatanya maksimal. Kemarin (20/9), Splend pun menandatangani kerja sama dengan perusahaan teknologi Indonesia, XecureIT untuk membangun ekosistem. "Ini supaya teknologi kami benar-benar aman," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...