Beredar Empat Nama Calon Direksi Baru AJB Bumiputera

Martha Ruth Thertina
24 Oktober 2018, 22:14
Bumiputera
Arief Kamaludin (Katadata)

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera dikabarkan segera memiliki direksi baru, setelah dua tahun dipimpin oleh pengelola statuter sebagai perpanjangan tangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan informasi yang beredar, jabatan direksi bakal diisi oleh empat orang dan pengangkatan bakal dilakukan pada November 2018.

Empat orang yang disebut-sebut bakal menjabat yakni Sutikno Sjarif sebagai Direktur Utama, Yusuf Budi Baik sebagai Direktur Korporasi, Dena Chaerudin sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), dan Sri Rahayu sebagai Direktur Teknik. Adapun Sutikno, Budi, dan Sri berasal dari PT Zurich Insurance Indonesia, sedangkan Dena dari internal AJB Bumiputera.

Katadata.co.id menanyakan kebenaran informasi tersebut kepada Budi melalui telepon, namun ia tidak memberikan konfirmasi. “Saya sedang meeting. Itu sebaiknya ditanya ke BPA (Badan Perwakilan Anggota),” ujarnya. BPA merupakan perwakilan pemegang polis yang berstatus sebagai pemilik dalam perusahaan asuransi mutual. Sesuai Anggaran Dasar AJB Bumiputera, direksi diangkat dan diberhentikan oleh BPA.

(Baca juga: Bumiputera Menghidupkan Asa dari Lini Bisnis Syariah)

Di sisi lain, Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Mukhamad Misbakhun menyatakan sudah mendapatkan informasi secara informal dari seorang Komisioner OJK soal rencana pengangkatan direksi baru Bumiputera. Langkah tersebut sebagai bagian dari program penyehatan perusahaan. Namun, ia belum bisa mengonfirmasi mengenai identitas calon direksi.

“Waktu itu hanya disebutkan akan melakukan rekrutmen untuk para profesional,” kata dia. Ia pun menilai langkah OJK merekrut para profesional sebagai langkah tepat. “Tinggal OJK memberikan beban target dan pengawasan yang memadai serta dukungan kebijakan supaya program penyehatan bisa dikerjakan dengan baik dan bisa tercapai segera,” kata dia.

(Baca juga: Bumiputera Terbelit Persoalan Keuangan, Nasabah Besar Tagih Penjelasan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...