Laporan Awal Pemeriksaan Lion Air TJ 610 Dirilis Akhir Bulan Ini

Image title
2 November 2018, 10:24
Lion Air Jatuh
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA.
Empat warga asal America yang merupakan anggota Boeing dan anggota KNTN lainnya sedang mengindentivikasi Kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610 di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara (31/10). Boeing selaku pabrikan pembuat pesawat B737 MAX 8 menyediakan bantuan teknis untuk penyelidikan jatuhnya pesawat Lion Air penerbangan JT 610.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan mengumumkan laporan pendahuluan atas jatuhnya pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 610 selambat-lambatnya pada 28 November 2018.

Investigator KNKT Ony Suryo Wibowo mengatakan, penyampaian laporan pendahuluan ke publik ini merupakan suatu kewajiban, selain itu berjarak selambat-lambatnya 30 hari setelah kejadian. Sementara laporan lengkapnya, menurut Peraturan Menteri Perhubungan, dapat diselesaikan dalam waktu maksimal satu tahun.

Ony menjelaskan, laporan pendahuluan tersebut hanya berupa data dan fakta kecelakaan pesawat penerbang Jakarta - Pangkal Pinang itu. "Tanpa analisis, tanpa penjelasan, tanpa penyebab. Jadi, yang kami ungkap data dan fakta saja," katanya di Jakarta, Kamis (1/11).

Adapun data dan fakta tersebut termasuk kronologi kejadian, termasuk data flight pesawat tersebut. Seperti nama dan alamat operator pesawat, kru yang bertugas di pesawat itu. 

(Baca juga: Basarnas Temukan Lokasi Korban dan Pesawat Lion Air)

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...