Cerita Peserta Kirab Pemuda Zona II ke Menpora

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
5 November 2018, 20:20
Kirab pemuda
Katadata

Sidoarjo: Peserta Kirab Pemuda 2018 Zona II perwakilan 34 provinsi dan perwakilan Organisasi Kepemudaan OKP berbagi pengalaman perjalanan dengan Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi. Mereka berkisah selepas mendarat di Bandara Djuanda Surabaya, Sidoarjo, Jatim, Minggu (4/11). Ada banyak  pengalaman menarik, menggembirakan dan menegangkan, tentang betapa kaya dan besar dan beragamnya Nusantara.

 

Para peserta dan pendamping menyampaikan apa yang mereka lihat di Merauke, yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini dan Atambua Ibukota Kabupaten Belu NTT pintu gerbang menuju Negara Timor Leste. Kegembiraan para peserta meluap , diajak hingga gapura perbatasan, bertemu dengan para penjaga perbatasan negara dan menyaksikan infrastruktur serta kegiatan keimigrasian.

"Bagaimana kondisi gerbang negara kita dibanding negara tetangga?" tanya Menpora. "Kami bangga Indonesia, gerbang negara kita lebih megah dan indah," jawab para peserta serempak.

 

Kisah lain yang disampaikan adalah cerita haru dan menengangkan saat akan masuk Provinsi Sulawesi Tengah. Bencana gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Palu, Donggala, Sigi, dan beberapa daerah lain di Sulteng membuat rasa duka mendalam. Karena situasi dan kondisi, Kemenpora berinisiatif memindahkan titik singgah ke daerah lain yang dipandang aman. "Iya, karena situasi dan kondisi yang belum memungkinkan saat itu, saya instruksikan untuk mengalihkan titik singgah ke Poso lanjut Parepare," ungkap Menpora sambil mendengarkan kisah para peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...