INSA Berkukuh Kendala Penggunaan B20 pada Angkutan Kapal Sesuai Fakta

Michael Reily
13 November 2018, 18:13
biodiesel
Arief Kamaludin | Katadata

Asosiasi Pemilik Kapal Indonesia (INSA) menegaskan permohonan pelonggaran penggunaan B20 seagaimana isi surat yang dikirimkan ke pemerintah sesuai dengan fakta dan kendala yang ada. Pemilik kapal meminta B20 dikaji  secara teknis sebelum diimplementasikan ke sektor angkutan laut.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menyatakan surat permintaan relaksasi telah disampaikan kepada pemerintah. "Surat yang kami sampaikan telah sesuai dengan fakta dan kendala yang ada," kata Carmelita kepada Katadata.co.id, Selasa (13/11).

INSA ingin menghindari potensi gangguan mesin yang bisa menyebabkan kecelakaan laut akibat penggunaan B20. Kajian teknis penggunaan B20 dinilai penting sebagai pertimbangan  pelaku usaha sebelum mengganti bahan bakar yang  tentunya harus sesuai dengan performa mesin kapal,  memenuhi faktor keselamatan serta mampu menghemat biaya perawatan. (Baca: Darmin Tantang Asosiasi Pemilik Kapal yang Menolak Menggunakan B20)

 B20  diharapkan bisa memenuhi standar angkutan laut American Society for Testing and Materials (ASTM), Japanese Industrial Standard (JIS), International Organization for Standardization (ISO), dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dia juga memiliki kekhawatiran akan menemui kesulitan pada saat klaim asuransi jika nanti terjadi kerusakan kapal akibat penggunaan B20 pada angkutan laut. "Kami berharap permintaan INSA dapat dilihat secara positif," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...