Jawa Barat Bagian Selatan Jadi Pilot Project Pembangunan Terintegrasi

Michael Reily
23 November 2018, 20:00
Luhut Binsar Pandjaitan
Arief Kamaludin|KATADATA
Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Jawa Barat bagian Selatan (Jabarsel) menjadi proyek percontohan (pilot project) pembangunan terintegrasi. Model pembangunan terintegrasi menjadi solusi pembangunan kementerian lembaga yang kerap berjalan sendiri-sendiri.

Luhut menjelaskan skema integrasi akan membuat setiap pembangunan pemerintah di daerah bakal menjadi lebih tepat dan efektif. "Kalau tidak ada integrasi, ada pembuatan pelabuhan tapi jalannya tidak dibangun," katanya di Jakarta, Jumat (23/11).

Menurut Luhut, segala aspek bakal masuk ke dalam skema pembangunan kementerian lembaga, seperti infrastruktur, listrik, air, pertanian, sampai pembangunan pesantren dan madrasah. Dia menargetkan program pembangunan terintegrasi selesai  Maret mendatang. Nantinya, hasil dari proyek percobaan akan menjadi model percontohan pembangunan di daerah lain.

(Baca: Pemerintah Siapkan Rp 1,3 Triliun untuk Benahi Sungai Citarum)

Sebanyak 150 juta penduduk tinggal di kawasan garis pantai untuk wilayah Jawa Barat bagian Selatan. Oleh karena itu, kepala daerah dari Sukabumi, Garut, Cianjur, dan Tasikmalaya juga akan ikut dalam skema integrasi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...