Optimisme Perekonomian Nasional Dorong IHSG Naik 0,64%

Happy Fajrian
3 Januari 2019, 18:12
Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (dua dari kanan) secara resmi melakukan penutupan perdagangan pasar modal seiring berakhirnya 2018 di PT. Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Selatan (28/12). Penutupan tersebut dihadiri Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua OJK Wimboh Santoso, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Wakil Ketua DK OJK Nurhaida dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan hari ini Kamis (3/1) dengan kinerja positif walau sempat dibuka di zona merah dengan koreksi tipis 0,08%. Pada akhir perdagangan, IHSG parkir pada posisi 6.221,01 atau naik 0,64%.

Pasca jeda siang, pergerakan IHSG sempat tertekan dan bergerak di level yang lebih rendah dibandingkan pergerakan IHSG di sesi I. Namun 15 menit menjelang perdagangan tutup, masifnya aksi beli yang dilakukan investor mendorong IHSG melonjak menembus level 6.200 hingga ditutup pada posisi akhirnya tersebut.

Sentimen dari dalam negeri menjadi motor utama yang menggerakkan IHSG di zona hijau. Optimisme investor didorong oleh kondisi perekonomian nasional yang mengalami peningkatan.

Pertama, inflasi bulan Desember 2018 sebesar 0,62% yang menjadi level inflasi bulanan tertinggi sepanjang 2018 yang menunjukkan adanya peningkatan konsumsi masyarakat pada bulan terakhir 2018. Peningkatan konsumsi masyarakat turut membuat aktivitas di sektor manufaktur meningkat. Indeks PMI manufaktur Indonesia pada Desember kemarin naik menjadi 51,2 dari 50,4 pada bulan sebelumnya.

Dari 10 indeks sektoral, hanya dua sektor yang kinerjanya negatif hari ini. Sementara lima dari delapan sektor yang berkinerja positif, naik signifikan di atas 1%, salah satunya sektor konsumer yang naik 1,61%, manufaktur 1,42%, aneka industri naik 1,53%, pertanian naik 1,06%, serta properti yang melesat hingga 2,69%.

(Baca: Naiknya Konsumsi Dorong Pergerakan Indeks, IHSG Naik 0,27% di Sesi I)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...