Pemprov NTT Alokasikan Rp 100 Miliar Benahi Pulau Komodo

Dini Hariyanti
16 Januari 2019, 19:51
Akses jalan ke Kawasan Wisata Mandeh
ANTARA/IGGOY EL FITRA
Jalan akses sepanjang 41 km menuju Kawasan Wisata Mandeh telah diselesaikan pembangunannya pada akhir 2018.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan Rp 100 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini untuk mendanai pembangunan Pulau Komodo di kawasan Taman Nasional Komodo.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk membangun Taman Nasional Komodo (TNK) khususnya Pulau Komodo dan Pulau Rinca sebagai habitat hidup komodo. "Ini untuk bangun dari awal lagi populasi komodo di pulau ini," katanya, di Kupang, Rabu (16/1).

Dana Rp 100 miliar juga akan digunakan untuk membudidayakan ternak seperti kerbau, babi, kambing, dan rusa guna mencegah komodo memangsa sesamanya. Pasalnya, beberapa waktu lalu sempat terjadi pencurian ternak di Pulau Komodo.

"Itu baru satu orang mungkin, masih banyak yang melakukan pencurian. Kalau ini tidak dicegah, makanan komodo bakal berkurang. Jangan sampai komodo memakan anaknya sendiri," ujarnya.

(Baca juga: Teknologi Informasi Perkuat Pemasaran Pariwisata dan Produk Kreatif

Pengelolaan TNK selama ini dilakukan pemerintah daerah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Viktor mengutarakan, kesulitan pengelolaan taman nasional ini terperanguh pula jarak yang jauh sehingga Pulau Komodo kurang perhatian.

"Kami akan ambil alih (pengelolaan). Kami juga akan tutup untuk sementara waktu. Kalau ribut-ribut paling nanti presiden yang akan turun dan saat itu kami akan jelaskan alasannya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...