Trump: Kesepakatan Dagang Akan Segera Ditandatangani dengan Xi Jinping

Happy Fajrian
26 Februari 2019, 08:18
Donald Trump
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden AS Donald Trump menyatakan kesepakatan dagang dengan Tiongkok dapat segera ditandatangani untuk mengakhiri perang dagang.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa kesepakatan dagang untuk mengakhiri perang tarif dengan Tiongkok mungkin akan bisa segera ditandatangani dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping jika kedua negara dapat menjembatani perbedaan yang tersisa.

Dikutip dari Reuters, Trump mengatakan bahwa perundingan dagang AS-Tiongkok semakin dekat untuk mencapai kesepakatan tersebut. Agar kesepakatan tersebut dapat tercapai, Trump telah memutuskan untuk menunda kenaikan tarif terhadap US$200 miliar impor produk Tiongkok ke AS yang semula dijadwalkan pada 1 Maret esok.

Keputusan tersebut membuat pasar keuangan global menguat pada perdagangan Senin (25/2) kemarin seiring dengan meningkatnya optimisme pelaku pasar bahwa perang dagang yang tidak hanya merugian perekonomian kedua negara yang bertikai tetapi juga perekonomian global, akan segera berakhir.

(Baca: Damai Dagang Kian Dekat, IHSG dan Bursa Asia Kompak Meningkat)

Bursa saham AS kemarin ditutup dengan kenaikan. Dow Jones naik 0,23%, S&P 500 naik 0,12%, dan Nasdaq naik 0,23%. Begitu juga dengan bursa Eropa dengan indeks FTSE Londong nai tipis 0,07%, dan Xetra Dax Frankfurt naik 0,42. Sedangkan di Asia, indeks komposit Shanghai melesat hingga 5,6%.

AS menuntut Tiongkok agar mengubah cara mereka dalam melakukan bisnis dengan AS, memberikan akses yang lebih luas kepada perusahaan-perusahaan AS, menegakkan perlindungan kekayaan intelektual, dan menyetop pemberian subsidi kepada industri.

"Kami akan mengadakan pertemuan lagi, pertemuan untuk penandatanganan (kesepakatan dagang). Jadi, semoga kita bisa menyelesaikannya. Kita sudah sangat, sangat dekat," tegas Trump, Senin (25/2), dikutip dari Reuters, yang juga mengatakan pertemuan tersebut akan diadakan di properti pribadi miliknya di Mar-a-Lago, Florida.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...