Neraca Dagang Februari Surplus, IHSG Sesi I Melesat 0,6%

Happy Fajrian
15 Maret 2019, 14:34
Bursa Efek Indonesia (BEI)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sesi I, Jumat (15/3), bertahan di zona hijau dengan kenaikan sebesar 0,6% ke level 6.451,86. Kinerja IHSG sejalan dengan bursa saham Asia lainnya yang mayoritas bergerak di zona hijau.

Indeks Shanghai tercatat mengalami kenaikan tertinggi di Asia sebesar 1,21%, diikuti Kospi yang naik 0,95%, Hang Seng naik 0,91%, Nikkei naik 0,77%, KLCI naik 0,19%, serta Strait Times naik tipis 0,05%. Sementara itu PSEi terkoreksi sendirian sebesar 0,34%.

Kinerja IHSG pada sesi I ini ditopang oleh sentimen domestik setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa neraca perdagangan Indonesia periode Februari 2019 mencatatkan surplus sebesar US$ 330 juta atau sekitar Rp 4,6 triliun (Asumsi kurs Rp 14.000/dolar).

Capaian surplus neraca dagang ini mematahkan prediksi ekonom yang memperkirakan neraca dagang akan kembali defisit walau dengan nilai yang lebih kecil dibandingkan periode Januari yang defisitnya mencapai US$ 1,16 miliar.

(Baca: Sentimen Global dan Domestik Mendukung, IHSG Berpotensi Melaju Naik)

Dengan neraca dagang yang surplus maka ekspektasi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) dapat lebih ditekan. Pada triwulan IV 2018, CAD Indonesia tercatat mencapai US$ 9,1 miliar atau 3,57% dari produk domestik bruto (PDB).

Sentimen dari neraca dagang ini berpotensi membuat nilai tukar rupiah mengalami penguatan, dan memberikan dorongan terhadap IHSG untuk terus melaju ke level yang lebih tinggi lagi.

Sementara itu sentimen global turut memberikan tenaga bagi IHSG untuk bergerak naik. Perkembangan perundingan dagang Amerika Serikat-Tiongkok masih terus berlanjut dan dikutip dari Reuters, perundingan tersebut berjalan dengan baik. Hanya saja kesepakatan dagang masih belum bisa disimpulkan pada akhir Maret ini seperti yang telah ditargetkan sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...