Jonan Salurkan 900 unit Lampu Jalan Tenaga Surya di Bogor

Image title
21 Maret 2019, 07:00
Lampu penerangan jalan umum tenaga surya
Kementerian ESDM
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menargetkan tahun ini dapat memasang 21 ribu titik lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di daerah tak terjangkau listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membagikan 900 unit Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Pondok Pesantren Miftahul Huda 4 Desa Ciaruten Ilir, Bogor, Jawa Barat.

Jonan menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Pembagian PJUTS ini juga bertujuan untuk menciptkan energi ramah lingkungan.

"PJUTS ini menjadi upaya kami melayani masyarakat dalam bidang penerangan tanpa menimbulkan tambahan polusi dan tidak ada tagihan listriknya," kata dia, dalam keterangan pers, Rabu (20/3).

(Baca: Menteri Jonan Minta Pemda Bantu Sambungan Listrik Masyarakat Tak Mampu)

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengakatan 900 unit PJUTS tersebut akan dipasang di 176 desa di 30 kecamatan. Masyarakat yang beraktivitas di malam hari jadi merasa aman. "Angka kriminalitas bisa turun," kata Iwan.

Sepanjang 2018, Kementerian ESDM telah menggunakan dana yang berasal dari Anggaran dan Belanja Pendapatan Negara (APBN) untuk melaksanakan program PJUTS di 26 provinsi, 166 kabupaten/kota, dengan jumlah 21.839 titik. " Jawa Barat mendapatkan 2.230 titik, lebih dari 10%", ujar dia.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...