Ditopang Bansos, BI Hitung Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2019 di 5,2%

Image title
22 Maret 2019, 15:10
Perry Warjiyo
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2019 di level 5,2%.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2019 di level 5,2%. Konsumsi rumah tangga berperan penting mencapai target pertumbuhan itu.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pemerintah telah memberi stimulus fiskal melalui bantuan sosial (bansos). “Bantuan itu dapat mendorong daya beli dan konsumsi rumah tangga.” kata kata Perry di kantornya, Jakarta, Jumat (22/3).

Selain itu, ia juga melihat konsumsi swasta, pemerintah, dan lembaga negara cukup tinggi pada triwulan ini karena mendekati pemilu pada April 2019.

(Baca: Ekonomi Global Melambat, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan)

Yang pertumbuhannya kurang baik ada di sektor investasi. Menurut dia, hal itu wajar karena kondisi ini kerap terjadi setiap triwulan pertama. “Triwulan berikutnya investasi akan tinggi lagi,” ujar Perry.

Namun, bukan berarti tidak ada dana asing masuk ke investasi Indonesia. Perry mencatat dana itu sudah mencapai Rp 73 triliun sejak 2019. Investasi asing ke Surat Berharga Negara sebesar Rp 62,5 triliun dan sisanya ke pasar saham.

“Ini menunjukkan kepercayaan kepada Indonesia bagus,” kata Perry. Ia memastikan nilai tukar rupiah akan stabil.

Harga-harga bahan pangan pun ia prediksi relatif stabil. Namun, ia akui ada sedikit kenaikan di harga bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Tapi untuk telur, sayur, dan daging ayam ras terjadi deflasi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...