Pertamina Luncurkan Software untuk Efisiensi Hulu Migas

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Ratna Iskana

16/4/2019, 13.51 WIB

Software baru Pertamina itu dinamakan PertafloSIM.

Pertamina Luncurkan PertafloSIM
Pertamina

PT Pertamina (Pesero) meluncurkan software PertafloSIM untuk menghitung aliran fluida minyak dan gas (migas) di dalam pipa mulai dari dasar sumur hingga ke permukaan, pada titik serah atau titik jual (sales point). Software tersebut merupakan hasil inovasi Tim Research and Technology Center Pertamina bersama dengan Research Consortium OPPINET Institut Teknologi Bandung (ITB).

Direktur Perencanaan, Investasi, dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan menyatakan,software ini merupakan bagian dari upaya Pertamina guna melakukan efisiensi, khususnya di sektor hulu migas. Karena, biayanya akan jauh lebih hemat dibanding software komersial dengan sistem sewa lisensi yang sebelumnya digunakan Pertamina.

"Software ini sangat bermanfaat bagi Pertamina yang memiliki jumlah lapangan migas yang begitu banyak dan tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Heru, berdasarkan rilis resmi Pertamina, Senin (15/4).

(Baca juga: Kejar Target Lifting, Pertamina EP Gencarkan Kegiatan Sumur Migas)

Menurut Heru, perusahaan dapat memaksimalkan efisiensi, mulai dari sektor hulu sampai ke sektor hilir secara bertahap. Salah satu caranya dengan mengurangi jumlah lisensi software komersial yang selama ini disewa.

"PertafloSIM merupakan suatu kebanggaan bagi Pertamina karena dihasilkan dari inovasi anak negeri. Kinerjanya sudah divalidasi dengan data-data lapangan-Pertamina," ujar Heru.

Sementara, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu menegaskan bila software tersebut juga telah dipresentasikan dengan SKK Migas dan beberapa APH (Pertamina EP dan Pertamina Hulu Energi. "Untuk campaign efisiensi biaya operasi produksi dan optimasi produksi dengan memanfaatkan software milik Pertamina sendiri," ujar Dharmawan.

(Baca juga: Pertamina EP Temukan Cadangan Gas di Sumur Eksplorasi Morea Sulteng)

Ke depan, PertafloSIM akan digunakan secara intensif di seluruh lingkungan Pertamina sehingga terwujud efisiensi biaya yang nyata dan terciptanya rasa bangga dalam mengembangkan teknologi sendiri. Untuk itu dalam waktu dekat ini akan dilakukan Traning For Trainer (TFT), dan selanjutnya alumni TFT akan melaksanakan Training For Engineer (TFE) di seluruh wilayah operasi.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan