Pertamina EP Asset 5 Pasok Semua Minyaknya Ke Kilang Balikpapan

Image title
19 April 2019, 07:00
Pertamina EP Asset 5 Pasok Semua Minyaknya Ke Kilang Balikpapan
Arief Kamaludin | Katadata
Kilang Balikpapan

PT Pertamina EP memasok 100 persen produksi minyak Pertamina Ep Asset 5 ke kilang (Refinery Unit/RU) V Balikpapan, Kalimantan Timur. Total produksi minyak anak usaha Pertamina yang dipasok ke Kilang Balikpapan mencapai 18.263 barel minyak per hari (bopd).

"Produksi kami, minyak 18.263 bopd dan gas 15,81 MMscfd (juta kaki kubik per hari)," ujar GM Pertamina EP Asset 5 Irwan Zuhri saat ditemui dalam diskusi dengan media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Irwan mengatakan pengiriman minyak ke RU V Balikpapan dilakukan melalui fasilitas yang berbeda. Dia mencontohkan produksi minyak dari Lapangan Tanjung yang masih menggunakan pengiriman melalui pipa dengan panjang total 232 kilometer onshore.

Sementara, produksi minyak dari Lapangan Sangata, Bunyu dan Tarakan melalui Tanker dan produksi minyak dari Blok Sangasanga melalui Barging.

(Baca: Hingga Pertengahan April, Produksi Gas Blok Mahakam Hanya 666,6 MMSCFD)

Produksi Gas Pertamina EP Disalurkan ke PLN

Jika produksi minyak Pertamina EP Asset 5 dialirkan ke Kilang Balikpapan, produksi gas Pertamina EP disalurkan kepada PLN. Irwan menyebut produksi gas terbesar asset 5 berasal dari lapangan Bunyu yaitu sebesar 7,5 MMscfd dijual untuk kebutuhan PLN tarakan dan PLN Bunyu.

"Jadi ini yang paling banyak dari Pulau Bunyu. Kedua dari Blok Sangasanga dengan produksi gas 5,5 MMscfd," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...