Jelang Lebaran, Kementerian ESDM Pastikan Keandalan Listrik Jawa-Bali

Image title
23 Mei 2019, 14:31
PLN listrik lebaran
Arief Kamaludin|KATADATA
Pembangkit Listrik

Beban listrik Jawa-Bali saat Lebaran diprediksi akan turun seiring tidak beroperasinya industri dan perkantoran. Namun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) tetap melakukan persiapan untuk menjaga keandalan pasokan listrik.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan pihaknya telah menyiapkan empat startegi. "Kami pastikan keandalan dan ketersediaan supply listrik selama lebaran dalam kondisi cukup," ujarnya saat mengunjungi Unit Induk Pusat Pengatur Beban (IUP2B) Gandul, di Depok, Kamis (23/5).

Keempat startegi tersebut yaitu menghentikan sementara pemeliharaan instalasi di transmisi dan gardu induk, kecuali jika ada keadaan darurat atau kerusakan peralatan. Kedua, membuat rencana dan pola operasi unit-unit pembangkit berdasarkan beban pada periode lebaran sebelumnya. Cadangan putar pun disiapkan lebih besar dibandingkan waktu reguler.

(Baca: Ketidaksiapan Pemda Dituding Penyebab Banyak Pembangkit EBT Mangkrak)

Ketiga, mempersiapkan unit pembangkit, seperti penguatan jaringan transmisi dan distribusi. Keempat, melakukan pengawasan di sejumlah objek vital seperti masjid dan pusat keramaian terkait ketersediaan pasokan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...