Dua Hari Terkoreksi, Analis Lihat Potensi IHSG Naik Hari Ini

Martha Ruth Thertina
14 Juni 2019, 07:52
IHSG hari ini
Arief Kamaludin|KATADATA
IHSG disebut berpotensi menguat pada perdagangan Jumat (14/6).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat mengalami koreksi tipis dalam dua hari perdagangan. Sebelumnya, indeks berada dalam tren naik sejak pertengahan Mei. Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya melihat potensi indeks naik pada perdagangan terakhir pekan ini.

Ia mengatakan, IHSG  hari ini terlihat memiliki potensi untuk kembali melanjutkan kenaikan, ditopang oleh kuatnya support teruji yang telah dilalui beberapa waktu lalu. “Faktor kuatnya fundamental perekonomian juga turut mendorong naiknya IHSG,” kata dia dalam analisis tertulisnya, Jumat (14/6).

Indeks berada dalam tren naik sejak pertengahan Mei lalu hingga menembus level 6.300, sebelum mengalami koreksi tipis 0,5% pada perdagangan dua hari belakangan. Pada Kamis (13/6) kemarin, indeks ditutup pada level 6.273.

(Baca: Dipengaruhi Ekspektasi Turunnya Bunga The Fed, IHSG Turun Tipis 0,05%)

Bila mengacu pada data RTI, aliran dana asing positif dalam sepekan perdagangan. Investor asing membukukan pembelian bersih Rp 1,96 triliun di keseluruhan pasar. Sepanjang tahun ini, investor asing tercatat membukukan pembelian bersih Rp 55,39 triliun.

Adapun indeks saham di bursa saham Eropa dan Amerika Serikat (AS) ditutup menguat pada perdagangan sebelumnya. Ini bisa menjadi pertanda positif untuk pergerakan IHSG hari ini.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG pada Juni Bearish Imbas Perang Dagang)

Dari bursa saham AS, indeks Dow Jones naik 0,39%, S&P 500 naik 0,41%, Nasdaq Composite naik 0,57%, NYSE Composite naik 0,3%. Begitu juga S7P/TSX Composite naik 0,07%. Di bursa saham Eropa, Euro Stoxx 50 Pr naik 0,11%, FTSE 100 naik 0,01%, dan DAX naik 0,44%.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...