BEI Pantau Harga Saham MNCN yang Sempat Anjlok 25%

Image title
18 Juni 2019, 13:06
saham MNCN turun. MNC Group, Harry Tanoesoedibjo, BEI
Arief Kamaludin | KATADATA
Bursa Efek Indonesia (BEI) masih memantau pergerakan saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) hari ini, Selasa (18/6). Hal itu terkait dengan anjloknya harga saham MNCN menjelang penutupan perdagangan kemarin sebesar 25% atau 325 poin ke Rp 975 per saham.

Bursa Efek Indonesia (BEI) masih memantau pergerakan saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) hari ini, Selasa (18/6). Hal itu terkait dengan anjloknya harga saham MNCN menjelang penutupan perdagangan kemarin sebesar 25% atau 325 poin ke Rp 975 per saham.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan, ada dua hal yang menjadi fokus Bursa terhadap harga saham perusahaan tercatat yang tidak normal. Pertama, dari sisi perusahaan tersebut. Kedua, dari transaksi yang dilakukan investor melalui Anggota Bursa (AB).

Dari sisi perusahaan, Nyoman mengatakan biasanya naik arau turunnya harga saham yang signifikan terkait dengan kinerja perusahaan atau tindakan perusahaan. Terlebih dari sisi hal material yang mampu mempengaruhi going concern perusahaan. "Sampai kemarin, (MNCN) tidak ada hal yang material," kata Nyoman di Gedung BEI, Jakarta.

MNCN sudah memberi penjelasan terkait penurunan saham perusahaan melalui keterbukaan informasi per hari ini. Dalam informasinya, perusahaan menyampaikan tidak ada peristiwa signifikan atau informasi material non-publik yang telah menyebabkan penurunan harga saham yang signifikan.

Sementara dari sisi perdagangan, Nyoman menyerahkan hal tersebut kepada Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Laksono Widodo. Ketika dikonfirmasi oleh Katadata.co.id, Laksono mengatakan saat ini tengah memperhatikan laju saham MNCN.

"Kalau masih wajar, karena memang supply dan demand, ya biar saja. Kecuali, ada yang tidak wajar, bisa kena UMA (Unusual Market Activity)," katanya. UMA adalah aktifitas perdagangan dan atau pergerakan harga suatu Efek yang tidak biasa pada suatu kurun waktu tertentu.

(Baca: MNC Group Merapat Dengan Vivendi S.A., Pemilik Universal Music Studios)

Saham MNCN pada pembukaan hingga penutupan sesi pertama perdagangan siang tadi kembali menguat 7,18% atau 70 poin. Nilainya menjadi Rp 1.045 per saham. Adapun, sahamnya diperdagangkan sebanyak 181,4 juta saham sengan nilai Rp 183,74 miliar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...