Incar Cadangan Migas Baru, Pertamina Survei Seismik 2D 32 Ribu Km

Image title
25 Juni 2019, 14:02
pertamina. cadangan migas, eksplorasi migas, giant discovery
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi, blok migas. Pertamina mengincar cadangan migas besar di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan ada 10 area minyak dan gas (migas) dengan potensi cadangan yang cukup besar (giant discovery) di Indonesia. Pertamina sebagai perusahaan plat merah pun ikut mengincar potensi cadangan migas tersebut. 

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengatakan, untuk mendapatkan cadangan migas baru, Pertamina akan memulai survei seismik dua dimensi (2D) di wilayah Indonesia bagian tengah pada tahun ini. Pertamina menggandeng Elnusa dalam pengerjaan survei seismik 2D tersebut.  

"Seismik dulu kami lakukan. Tahun ini kami melakukan survei seismik dua dimensi di daerah-daerah yang frontier itu 32 ribu kilometer linear," ujar Dharmawan Samsu kepada Katadata.co.id Jumat lalu.

Kemudian Pertamina akan melakukan survei sesimik lanjutan untuk wilayah Indonesia bagian timur pada tahun depan. Jika mendapatkan hasil yang bagus, Pertamina akan melakukan pengeboran eksplorasi. 

"Kalau bagus akan kami analisa secara mendalam. Ketika hasilnya bagus, dapat memutuskan mengebor atau tidak," ujar Dharmawan.

(Baca: Daerah Operasi Migas Indonesia Terus Berkurang)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...